bdadinfo.com

Hasil Pileg Versi Quick Count Indikator, Nama-nama Caleg Dapil Sumbar I yang Melenggang ke Senayan - News

Dapil Sumbar I, Partai NasDem memperoleh peringkat pertama dengan perolehan suara 19,44 persen. Dengan perolehan itu Partai NasDem potensial memperoleh dua kursi DPR RI.

- Berdasarkan data yang dieangkum dari Indikator Politik Indonesia melakukan hitung cepat pada Kamis (14/2/2024) di dua daerah pemilihan (Dapil) DPR RI di wilayah Sumatra Barat yaitu Sumbar I dan II.

Di mana, adapun populasi quick count tersebut yaitu tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh Provinsi Sumatra Barat.

Menurut, Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro mengatakan, sampel suara pemilih dipilih dengan metode Stratified-Cluster Random Sampling.

Baca Juga: Pembaruan Investasi Swasta dalam Proyek Pembangunan Ibu Kota Nusantara

Untuk ukuran sampel, terangnya, total sampel terpilih sebanyak 400 TPS. Masing-masing 200 TPS di daerah pemilihan Sumbar I dan 200 TPS di daerah pemilihan Sumbar II.

"Data masuk telah mencapai 100 persen di Sumatra Barat I dan 100 persen di Sumatra Barat II," dalam keterangan tertulis.

Dia mengungkapkan, di Dapil Sumbar I, Partai NasDem memperoleh peringkat pertama dengan perolehan suara 19,44 persen. Dengan perolehan itu Partai NasDem potensial memperoleh dua kursi DPR RI.

Baca Juga: Update Pembangunan Infrastruktur IKN pada Februari 2024 Masih Dikebut dengan Giat

"Yaitu kursi pertama dan kursi ketujuh, dimana kursi pertama diraih oleh Lisda Hendrajoni (5,80 persen). Sementara itu, kursi kedua Partai NasDem diperebutkan cukup sengit antara Shadiq Pasadigue, Fauzi Bahar, dan Irwan Apriadi," ucapnya.

Dia menjelaskan, Partai Gerindra berada di urutan kedua dengan perolehan suara 17,02 persen, sehingga potensial memperoleh satu kursi dimana diraih oleh Andre Rosiade.

Ia menyebutkan bahwa di internal Partai Gerindra, Andre Rosiade menjadi caleg DPR RI dengan raihan suara terbanyak mencapai 7,38 persen dengan interval antara 6,51 persen (batas bawah) dan 8,25 persen (batas atas).

"Dengan perolehan suara tersebut Andre Rosiade masih merupakan suara pribadi caleg DPR RI tertinggi di daerah pemilihan Sumatra Barat I," bebernya.

Baca Juga: Energi yang Dikeluarkan Seorang Penjahit saat Membuat Baju, Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Subtema 2 Halaman 84

Sementara itu, kata Bawono, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersaing ketat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat