bdadinfo.com

Gak Sabar! Progres Tol Pacin Sudah Capai 51,93 Persen, Berpotensi Mulai Beroperasi pada Juli 2024 - News

Progres Tol Pacin Sudah Capai 51,93 Persen (ilustrasi) (Pixabay.com/@Posyrosie)

- PT Hutama Karya telah menetapkan target untuk mengoperasikan seksi I tol Padang - Pekanbaru, khususnya Padang - Sicincin, sekitar pertengahan tahun ini, yakni pada Juli 2024.

Saat ini, progres konstruksi pada ruas Padang – Sicincin (pacin) sudah mencapai 51,93 persen, dan pengadaan lahan hampir rampung dengan capaian 93,87 persen.

Baca Juga: Koalisi Masyarakat Sipil Temukan Puluhan TPS yang Persulit Para Pemilih Untuk Tak Gunakan Hak Pilihnya Pada Pemilu 2024

Menurut Menteri PUPR, Basuki Hadimuldjono, jalan tol ini diharapkan menjadi fungsional pada Juli 2024, memberikan dukungan vital bagi kelancaran jalur logistik dan pariwisata di wilayah tersebut.

Progres pembangunan Jalan Tol Padang – Pekanbaru Seksi V Bangkinang – Pangkalan Tahap I (Bangkinang – Koto Kampar) mencapai 98,85 persen, dan pengadaan lahan sebesar 99,48 persen.

Dengan penyelesaian ini, Sumatera Barat dan Riau dapat terhubung melalui jalan tol, mengintegrasikan kawasan Kota Pekanbaru, Kota Bangkinang, dan Kecamatan XIII Koto Kampar, dengan potensi pengembangan kawasan wisata, industri, dan perkebunan.

Baca Juga: Demi Bikin Mulus 27 Ruas Jalan Daerah di Sulawesi Selatan, Duit Sebanyak Rp669 Miliar Rela Dikorbankan

Pada tahun 2024, Hutama Karya berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh Jalan Tol Trans Sumatera Tahap I dengan total panjang 972 km.

Tantangan tersebut melibatkan sejumlah ruas tol, seperti Padang – Sicincin, yang tengah dalam progres signifikan.

Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, menyebutkan bahwa target semester I, sepanjang 196 km, harus tuntas dengan terbitnya 9 Sertifikat Laik Operasi (SLO).

Baca Juga: Gandeng DPP Kota Padang, Genny Hendri Septa Kampanyekan Gemarikan di SDN 29

Dukungan Pemerintah atas Penyertaan Modal Negara (PMN) 2024 sebesar Rp 18,6 triliun menjadi kunci untuk percepatan pembangunan ini.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat