bdadinfo.com

Telah Diresmikan! Pembangunan Bandara Singkawang Ternyata Hasil Kolaborasi Sektor Publik dan Swasta, Segini Anggarannya - News

Presiden Jokowi resmikan Bandara Singkawang (Instagram @sekretariat.kabinet)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bandara Singkawang, di Kota Singkawang, Kalimantan Barat pada Rabu, 20 Maret 2024 kemarin.

Dilansir dari laman Presiden RI, Terwujudnya pembangunan Bandara Singkawang sendiri atas dasar kerjasama dari berbagai pihak, khususnya dari skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Selain itu, pembangunan proyek ini juga didukung oleh Corporate Social Responsibility (CSR) dari para pengusaha sukses yang ada di Singkawang.

Baca Juga: Viral Jemaah Masjid Diserang Gerombolan Pemuda yang Bawa Sajam, Netizen: Levelnya Udah Iblis!

Melalui kolaborasi yang baik antara sektor publik dengan swasta tersebut, rupanya menghasilkan anggaran yang cukup fantastis, yakni dari APBN sebesar Rp272 miliar dan dari para pengusaha sebesar Rp155 miliar.

Jokowi mengatakan bahwa kolaborasi seperti ini, di mana termasuknya dengan orang-orang lokal yang berada di daerahnya masing-masing akan membuat pembangunan infrastruktur menjadi lebih cepat selesai dan ia berterimakasih untuk itu.

Jadi, bukan hanya pemerintah saja yang berkontribusi, tetapi orang yang berasal dari Provinsi itu juga bisa turut andil dalam pembangunan sebuah infrastruktur yang nantinya dapat dinikmati bersama-sama.

Baca Juga: Polisi Tangkap 4 Pengantar Jenazah yang Mengeroyok Anggota Polisi di Makassar

“Saya menyampaikan terima kasih karena kalau pola ini bisa dilakukan di banyak bandara atau banyak proyek atau banyak pelabuhan ini akan mempercepat pembangunan infrastruktur yang berada di tanah air kita. Artinya, orang-orang yang berasal dari kota itu, orang-orang yang berasal dari kabupaten itu, orang-orang yang berasal dari provinsi itu juga ikut berpartisipasi terhadap daerahnya masing-masing. Sekali lagi, untuk para pengusaha saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” kata Jokowi.

Ia menambahkan, jika skema kerjasama seperti ini (KPBU plus CSR) bisa terus dilakukan pada proyek-proyek yang lain, maka juga akan mempercepat pengembangan potensi di berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

Jokowi menyebut, bandara ini pun bisa dijadikan contoh, di-copy, ataupun direplikasi di wilayah lain, terutama apabila skema kerjasamanya sama seperti yang digunakan tadi.

Baca Juga: Kate Middleton Punya Peran Pengganti Selama Hilang, Heidi Agan Menjadi Sorotan

Bandara Singkawang mulai dibangun sejak 2019 lalu dengan panjang runway 2.000 meter dan terminal seluas 8.000 meter persegi.

Jokowi berharap dengan hadirnya bandar udara ini akan mempercepat mobilitas masyarakat dan logistik, sehingga akan mempercepat pula pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat