bdadinfo.com

Jamaah masjid Aolia Sudah Shalat Idul Fitri Jumat lalu, Pimpinan setempat: Saya sudah telepon Allah - News

Jamaah masjid Aolia Sudah Shalat Idul Fitri Jumat lalu, Pimpinan setempat: Saya sudah telepon Allah/Twitter

- Hari raya lebaran sudah tinggal menunggu beberapa hari lagi, suasana har lebaran sudah mulai terasa diberbagai wilayah di Indonesia.

Dalam penentuan tanggal 1 Syawal memang terkadang terjadi perbedaan. Hal ini terjadi karena masing-masing memiliki perhitungan tersendiri yang menjadi dasar penetapan akhir ramadhan.

Biasanya perbedaan antara satu dan lainnya hanya berbeda 1 hari. Namun, ada yang menarik dari ajaran yang ada di daerah Gunungkidul ini.

Baca Juga: 243 Siswa Lulus Seleksi Administrasi Paskibraka 2024 di Pesisir Selatan

Dilansir dari akun Twitter @KabarGunKid menjelaskan bahwa Jamah masjid Aolia yang ada di daerah Panggang 3, Kelurahan Giriaharjo, Kabupaten Gunungkidul itu telah melaksanakan shalat idul fitri pada hari Jumat (5/4/2024).

Dengan adanya aliran tersebut, banyak yang bertanya-tanya terkait dasar penentuan tanggal 1 syawal di ajaran tersebut.

Dilansir dari akun Instagram @memomedsos ada sosok pemimpin yang bernama kyai H. Raden Ibnu Hajar Sholeh Pranolo atau yang akrab dipanggil Mbah Beno.

Pemimpin sekaligus imam masjid tersebut saat diwawancarai terkait bagaimana metode penentuan akhir ramadhan, beliau menjelaskan bahwa ia telah menelpon Allah SWT. Secara langsung.

Baca Juga: Navigasi Mudik Lebaran 2024! Rute Tercepat dan Waktu Tempuh dari Padang ke Pasaman Barat

Dengan pernyataan imam masjid Aolia tersebut, membuat banyak orang menjadi salah paham dan mempertanyakan bagaimana bisa manusia menelpon Tuhannya.

Akibat dari pernyataannya, Mbah Beno akhirnya membuat klarifikasi terkait ucapannya yang disebut-sebut "menelpon Allah". Ia beranggapan hal tersebut sebagai sebuah ungkapan bahwa ia telah melakukan perjalanan spiritual dan telah menetapkan tanggal 1 syawal itu hari Jumat.

Diketahui, bahwa ajaran di tempat tersebut telah melakukan awal ramadhan lebih dulu dibandingkan dengan penetapan yang dilakukan oleh pemerintah. Yakni pada tanggal 6 Maret 2024, jamaah masjid Aolia telah melaksanakan shalat tarawih pertama.

Baca Juga: Volume Bangun Ruang Sebangun Kerucut dan Tabung, Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 311 Soal Nomor 14

Meskipun sering terjadi perbedaan setiap awal ramadhan dan hari raya idul fitri, untuk tahun ini memang terbilang paling jauh perbedaanya dengan penetapan tgl 1 ramadhan dan tanggal 1 syawal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat