bdadinfo.com

Kemenkes RI Berbagi Tips Aman, Sehat, dan Selamat saat Mudik di Musim Pancaroba dan Lakukan Pemantauan Kesiapan Fasilitas Kesehatan - News

Kondisi Jalanan saat Mudik Lebaran 2023 ((Youtube Fitra Eri))

- Mudik ke kampung halaman merupakan momen yang banyak ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia terutama bagi mereka yang hidup merantau ke wilayah Kota Jakarta dan sekitarnya.

Berdasarkan data PT. Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat, ada sekitar lebih dari 550.000 kendaraan bermotor yang meninggalkan wilayah JABODETABEK per tanggal 5 April 2024.

Di sisi lain, Indonesia saat ini sedang mengalami musim pancaroba dan cuaca ekstrem sebagaimana informasi yang dirilis dalam laman Siaran Pers BMKG pada pekan lalu.

Baca Juga: Rindu Kampung Halaman Bagi Para Perantau yang Tidak Bisa Balik Saat Lebaran, Inilah Resep Membuat Kue Bawang Khas Minangkabau

Tak jarang juga BMKG mengimbau kepada pemudik untuk tetap waspada dengan kondisi cuaca di Indonesia saat ini.

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, membuat tubuh bekerja untuk beradaptasi dengan suhu lingkungan yang berubah-ubah, sehingga secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kondisi imun tubuh.

Oleh karena itu, melihat situasi tersebut Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Ditjen Kesmas) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) berbagi tips aman, sehat, dan selamat saat melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Baca Juga: Bendungan Pertama di Sumatera Selatan Rampung Tahun Ini, Biayanya Mencapai Rp3,8 Triliun

Berikut tips mudik di musim pancaroba yang bisa dilakukan:

1. Lakukan pemeriksaan kesehatan sebelum melakukan perjalanan.

2. Mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan yang bersih dan sehat.

3. Atur pola istirahat yang cukup saat berkendara. Lakukan peregangan ketika merasa lelah setidaknya setelah 4 jam berkendara.

4. Menjaga stamina dengan mengonsumsi buah dan sayur.

5. Gunakan masker untuk menghindari polusi dan virus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat