bdadinfo.com

Kepulauan Riau Makin Bersinar! Progres Konstruksi Pembangunan Proyek Air Minum Perpipaan Bakal Terluas, Dinyatakan Rampung 2024? - News

Perpipaan Air Minum, Kepri (Freepik)

- Infrastruktur mega proyek strategis nasional di Kepulauan Riau belum kunjung rampung sepenuhnya perihal progres Air Minum Perpipaan

Pengerjaan proyek pemasangan pipa air minum PDAM Tirta Taman dalam tahap progresnya telah mencapai 62 persen. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Sanitasi, Air Minum, dan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK), Karel. 

Baca Juga: Tegak Berdiri Nyaris 100 Meter, Mega Proyek Terbaru Senilai Rp1,2 Triliun di Gorontalo ini Jadi yang Tertinggi di Indonesia? Rampung Tahun 2024 ini

“Jadi ini ada tambahan anggaran melalui Bankeu dari provinsi. Baru dianggarkan di APBD Perubahan sehingga proses lelangnya baru dimulai September,” ujar Karel.

Menurutnya, proyek ini bersumber dari bantuan keuangan (Bankeu) Pemprov Kaltim. 

Dengan total pagu anggaran yang disiapkan ialah Rp4,7 miliar, akan tetapi pemenang lelang menawar dengan besaran Rp3,9 miliar.

Baca Juga: Penganggaran Responsif Gender, DSPPKBPPPA Padang Panjang Gelar Advokasi Penyusunan GAP dan GBS 2025

Pernyataan resmi dari Karel, pemasangan memang harus mengambil jalur aspal karena tidak mungkin menggali di bawah trotoar. 

Karel memandang kondisi lalu lintas memang sedikit terganggu tetapi tidak sampai mengakibatkan macet total.

Sementara, Dirut PDAM Tirta Taman, Suramin menyebut pemasangan pipa ini bertujuan untuk peningkatan mutu pelayanan dan peremajaan pipa. 

Baca Juga: Mengungkap Rahasia Kekayaan Tersembunyi: Deretan Magnat Tambang Terkaya di Indonesia yang Menggetarkan Dunia!

Terlebih sebelumnya pipa berada di tengah jalan dengan akibatnya, petugas susah jika melakukan perbaikan.

Berukuran pipa juga mengalami peningkatan yang dulunya diameter pipa berukuran 2 dan 4 inch namun proyek ini diperbesar menjadi 4 dan 6 inch.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat