bdadinfo.com

Kemakmuran IKN! Tahap II Dilanjutkan Konstruksi Mega Proyek Jalan Kebangsaan Terluas di Kalimantan Timur: Mengusung Konsep ”Mangrove Ecopark”? - News

Jalur Sumbu Kebangsaan IKN, Kaltim (Freepik)

- Infrastruktur mega proyek strategis di Kalimantan Timur dalam tahap pengerjaan lanjutan tahap II Jalan Sumbu Kebangsaan IKN

PT Wijaya Karya Persero yang melanjutkan pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Tahap II masuk ke dalam peletakan batu tahap I. 

Dikerjakan dalam skema konsorsium oleh WIKA-BIT KSO dengan porsi WIKA sebesar 70% dengan kontrak senilai Rp586,20 miliar.

Baca Juga: Identify Elements of Infographic About Netiquette, Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 12 Halaman 133 Kurikulum Merdeka

Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Yudha Mediawan menyatakan bahwa upaya untuk menggunakan produk lokal tengah dikebut oleh Kementerian PUPR.

Pasalnya Pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur sedang berlanjut ke Tahap II.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga mengatakan, hingga saat ini progres konstruksi infrastruktur dasar IKN.

Baca Juga: Soal Enrichment Unit 3 dan Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 12 SMA/MA Halaman 143-145 Kurikulum Merdeka

Tahap 1 telah mencapai 62,65 persen dan seluruh kegiatan masih terjaga dari sisi jadwal pelaksanaan (on schedule). 

“Konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 ini yang kontrak pekerjaannya telah dimulai sejak tahun 2021 seperti pembangunan," ujar Danis. 

Sementara untuk akumulasi luas bangunan pada proyek tahap I ini mencapai 53.893 meter persegi yang ditargetkan rampung Juli 2024 mendatang.

Baca Juga: PLN Gandeng Huawei Kembangkan Joint Innovation Center, Perkuat Fondasi Digital Transisi Energi

PT Brantas Abipraya Persero yang berupaya dalam penataan Sumbu Kebangsaan sebagai salah satu infrastruktur Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. 

“Sumbu Kebangsaan di KIPP IKN Nusantara ini merupakan ruang terbuka yang nantinya menjadi simbol hubungan harmonis antar alam, manusia dan nilai luhur kebudayaaan,” ujar Direktur Operasi II Brantas Abipraya, Purnomo, dalam keterangannya di Jakarta pada Selasa 19 Maret 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat