bdadinfo.com

Wako Padang Hendri Septa Sandang Gelar Datuk Alam Batuah Suku Caniago Sumagek - News

Wako Padang Hendri Septa Sandang Gelar Datuk Alam Batuah Suku Caniago Sumagek  (Humas Pemko Padang )

- Wali Kota Padang Hendri Septa segera menyandang gelar Datuk Alam Batuah Kaum Suku Caniago Sumagek Nagari Nan XX Lubuk Begalung. Sebelum resmi menyandang gelar itu, Hendri Septa menjalani prosesi pemasangan Saluak Panghulu oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nan 20 Lubuk Begalung, H Admiral Dt. Rajo Sampono, Jumat, 3 Mei 2024.

Hendri Septa diarak oleh ratusan anak kemenakan ke Rumah Gadang Kaum Suku Caniago Nagari Nan XX Lubuk Begalung. Prosesi arakan ditutup dengan ditiupnya saluang serta dicabiak siriah dalam carano.

Sebelum prosesi pemasangan, Saluak Panghulu terlebih dahulu diserahkan oleh Mamak Kapolo Warih Suku Chaniago Sumagek Delfian Sari Marajo kepada Ketua KAN Nan XX Lubuk Begalung, H. Admiral Dt. Rajo Sampono.

Baca Juga: Kegiatan Forikan, Genny Hendri Septa: Jumlah Konsumsi Ikan di Warga Kota Padang Meningkat

"Dengan dipasangkan Saluak Penghulu, Hendri Septa Dt. Alam Batuah sudah bisa dibawa berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah, sudah bisa dibawa berdiskusi bersama," jelas H. Admiral Dt. Rajo Sampono.

Terpisah, Wali Kota Padang Hendri Septa mengucapkan rasa syukur atas prosesi yang telah ia lewati sore itu. Menurutnya, ini amanat yang sangat sakral dan membutuhkan komitmen yang besar.

"Alhamdulillah telah dipasangkan Saluak Panghulu oleh ninik mamak kaum Caniago Sumagek Nagari Nan XX. Ini amanah besar saya terima, semoga berjalan dengan baik. Menjadi datuak tidak sembarangan, butuh komitmen, menjaga nama baik keluarga, mempersatukan kaum serta kemenakan," ucapnya.

Baca Juga: Wali Kota Padang dan Bunda PAUD Genny Hendri Septa Pamit

Usai prosesi pemasangan Saluak Panghulu, Hendri Septa akan dilewakan sebagai Dt. Alam Batuah Panghulu Suku Caniago di kediaman orangtuanya, Jalan KIS Mangunsarkoro, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Sabtu, 4 Mei 2024. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat