bdadinfo.com

6 Kecamatan di Pasaman Memproklamsikan Kabupaten Baru Pasaman Utara Naik Tahta Menuju Era Baru Beribukota di Kecamatan Lembah Melintang - News

6 Kecamatan yang akan bergabung dalam kabupaten Pasaman Utara yaitu Kecamatan gunungtulah Sungai Aur Lembah Melintang Koto balengka sungai beremas dan Kecamatan Ranah batahan.

 - Kabarnya, Pasaman Utara menjadi salah satu calon kabupaten baru di Pulau Sumatera yang kabarnya sudah siap untuk mekar.

Jika pemerintah menyetujui pemekaran kabupaten ini maka daerah ini akan berpisah dari Kabupaten Pasaman Barat.

Terdiri dari Kecamatan Sungai Beremas, Kecamatan Ranah Batahan, Kecamatan Koto Balingka, Kecamatan Lembah Melintang, Kecamatan Sungai Aur dan Kecamatan Gunung Tuleh.

Baca Juga: Lama Tak Terdengar, Begini Keadaan Pihak Jepang yang Mau Bangun Terowongan Megah di Pangkalan: Tahun 2024 Masih Betah di Tanah Sumatera Barat?

Kabupaten Pasaman adalah salah satu kabupaten di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kabupaten ingin bermetamorfosa menjadi sebuah kabupaten baru.

Di mana Kabupaten Pasaman memiliki ibukota kabupaten yang terletak di Lubuk Sikaping.

Kabupaten Pasaman memiliki luas wilayah 3.947,63 km². Seperti wilayah Indonesia lainnya, Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Pasaman pernah dikuasai oleh kolonial Belanda.

Perang melawan penjajahan Belanda di Pasaman dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol.

Baca Juga: 7 Kabupaten/Kota Membelot dari Jawa Tengah Memproklamasikan Provinsi Baru Daerah Istimewa Surakarta: Gubernur siapa? Keraton Kasunanan? Yakin Bisa?

Yang dikenal dengan Perang Paderi (1821-1830). Karena terlalu banyak permasalahan di kubu Tuanku Imam Bonjol menyebabkan dia dan pengikutnya mengalami kekalahan melawan Belanda.

Sumber pendapatan utama kabupaten Pasaman berasal dari subsektor tanaman pangan.

Mesti demikian, Kabupaten Pasaman lebih dikenal karena produksi kelapa sawitnya.

Pada tahun 2000, produksi kelapa sawit di kabupaten Pasaman tercatat sebanyak 788.446 ton.

Jumlah tersebut dipanen dari areal seluas 78.387 hektare. Di samping kelapa sawit, kabupaten Pasaman juga dikenal akan produksi minyak nilamnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat