bdadinfo.com

Lama Tak Terdengar, Begini Keadaan Pihak Jepang yang Mau Bangun Terowongan Megah di Pangkalan: Tahun 2024 Masih Betah di Tanah Sumatera Barat? - News

Ilustrasi pembangunan terowongan megah di Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan di Sumatera Barat. Proyek ini  merupakan rangkaian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Hingga tahun 2024, pihak Jepang melalui JICA belum juga memulai pembangunannya. (Instagram: kemenpupr)

- Sumatera Barat menjadi salah satu daerah yang dinantikan pembangunannya di waktu yang akan datang.

Hal tersebut dikarenakan keberadaan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan yang dikabarkan akan dibangun dengan terowongan termegah yang ada di Indonesia bahkan ASEAN.

Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan ini nantinya juga akan menjadi lokasi dari keberadaan terowongan jalan tol terpanjang yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Sumatera Barat Berduka! 4 Tahun Tertunda, ini Kabar Terbaru Proyek Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan dan Terowongan Mewah Terpanjang Buatan Jepang

Nantinya, terowongan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan di Sumatera Barat ini akan memiliki panjang 8,9 km dan dibangun oleh Jepang.

Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) sendiri hingga saat ini masih terus berupaya merealisasikan pembangunan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan berikut dengan terowongannya.

Sebelumnya ramai diberitakan tuntutan masyarakat adat dikabulkan oleh JICA perihal pengalihan trase Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan. 

Baca Juga: Sumatera Barat Berkabung! Banjir Bandang Mengerikan Bikin Tanah Minang Tanggap Darurat Selama 15 Hari: Semua Pihak Turun ke Lapangan

Masyarakat adat dari lima Nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota menolak rencana kehadiran Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan karena dikhawatirkan menggusur kampung mereka.

Keputusan pengalihan trase itu keluar tidak lama usai forum masyarakat terdampak jalan tol menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Presiden JICA.

Bupati Lima Puluh Kota dan jajaran JICA selaku kontraktor jalan tol tersebut merespon aduan masyarakat dari lima nagari terdampak dengan baik dan bijaksana.

Baca Juga: Jalan Tol Betung-Jambi Terus Dikebut Konstruksinya, 1001 Cara Dipakai Wujudkan Pengoperasian Sesegera Mungkin: Tahun 2026 Beres? 

Kemudian hadir rencana pembangunan tiga trase yang bakal melalui Kota Payakumbuh menuju daerah Pangkalan dan pembahasan terkait dengan kampung yang padat penduduk.

Waktu itu, bersama pemerintahan nagari telah sepakat dengan catatan pemerintah harus melakukan sosialisasi dan survei secara bersama-sama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat