bdadinfo.com

Sumatera Barat Berduka! 4 Tahun Tertunda, ini Kabar Terbaru Proyek Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan dan Terowongan Mewah Terpanjang Buatan Jepang - News

Ilustrasi pembangunan terowongan mewah dan megah di Jalan Tol Payakumbu-Pangkalan di Sumatera Barat. Salah satu jalan tol bagian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini akan digarap oleh Jepang melalui JICA. (Instagram: kemenpupr)

- Provinsi Sumatera Barat menjadi salah satu daerah di Pulau Sumatera yang terus mengupayakan pembangunan jalan tol.

Hingga memasuki pertengahan tahun 2024 ini, proyek pembangunan jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang berlangsung di Sumatera Barat hanya ada satu.

Proyek tersebut adalah pembangunan Jalan Tol Padang Sicincin yang menjadi seksi 1 (satu) dari ruas Jalan Tol Padang Pekanbaru.

Baca Juga: Jalan Tol Betung-Jambi Terus Dikebut Konstruksinya, 1001 Cara Dipakai Wujudkan Pengoperasian Sesegera Mungkin: Tahun 2026 Beres? 

Sumatera Barat sendiri sejatinya memiliki 3 (tiga) proyek Jalan Tol Trans Sumatera lainnya yang termasuk dalam ruas Jalan Tol Padang pekanbaru.

Hanya saja, pembangunannya terus mengalami penundaan sehingga konstruksi fisiknya belum bisa dilaksanakan.

Salah satu seksi yang tertunda di Sumatera Barat tersebut adalah pembangunan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan.

Baca Juga: Sangar! Dibangun di Atas Gunung, Bali Sebentar Lagi Bakal Punya Bangunan Tertinggi di Dunia: Proyek Terakhir Jokowi di Tahun 2024?

Pembangunan mega proyek Jalan Tol Padang Pekanbaru seksi Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan yang melintasi di lima Nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota terus menjadi perbincangan.

Proyek tersebut tak terasa telah tertunda selama 4 tahun karena adanya permasalahan penolakan dan pembebasan lahan dari masyarakat setempat.

Sebelumnya diberitakan alasan penolakan dari masyarakat setempat atas pembangunan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan tersebut karena dikhawatirkan akan merampas sumber-sumber kehidupan masyarakat.

Baca Juga: Ganti Presiden Tidak Bikin Proyek JTTS Berhenti, HK Siap Gaspol Pembangunan Jalan Tol di Sumatera: Tahun 2026 Pekanbaru-Lampung Sudah Terhubung?

Bahkan kekhawatiran juga muncul karena proyek pembangunan jalan tol dapat menghilangkan situs-situs adat dan budaya.

Terakhir kali diketahui bahwa pihak Jepang, Japan International Cooperation Agency (JICA) memastikan bahwa Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan tersebut akan terus dilanjutkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat