bdadinfo.com

Jalan Tol Betung-Jambi Terus Dikebut Konstruksinya, 1001 Cara Dipakai Wujudkan Pengoperasian Sesegera Mungkin: Tahun 2026 Beres?  - News

Ilustrasi pembangunan Jalan Tol Betung-Jambi di Provinsi Jambi. Sejumlah cara diupayakan untuk mensukseskan pembangunan jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini. Ditargetkan terkoneksi di tahun 2026 mendatang. (Instagram: Kemenpupr)

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus dikebut penyelesaiannya oleh pihak terkait.

Salah satu proyek pembangunan jalan tol rangkaian Jalan Tol Tran Sumatera yang sedang digesa proses konstruksinya adalah pembangunan Jalan Tol Betung Jambi.

Jalan Tol Betung Jambi ini nantinya akan menjadi jalan penghubung yang mengkoneksikan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi.

Baca Juga: Sangar! Dibangun di Atas Gunung, Bali Sebentar Lagi Bakal Punya Bangunan Tertinggi di Dunia: Proyek Terakhir Jokowi di Tahun 2024?

Jalan Tol Betung Jambi ini direncanakan dibangun dalam 4 (empat) seksi pembangunan. diketahui seksi 3 (tiga) dari ruas jalan tol ini sedang dalam proses percepatan pembangunan.

Adapun seksi tiga tersebut adalah Jalan Tol Bayung Lencir Tempino yang berada di perbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi.

Terkait pembebasan beberapa bidang lahan  masih berproses, sejumlah langkah ditempuh guna pengerjaan konstruksi Jalan Tol Bayung Lencir Tempino terselesaikan sesuai target.

Baca Juga: Ganti Presiden Tidak Bikin Proyek JTTS Berhenti, HK Siap Gaspol Pembangunan Jalan Tol di Sumatera: Tahun 2026 Pekanbaru-Lampung Sudah Terhubung?

Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan sistem penyewaan. Karena lahan terdampak proyek Jalan Tol Bayung Lencir Tempino tersebut sedang berproses di pengadilan dan harga belum ditetapkan.

Meski demikian, pihak terkait mengaku tidak menemui kendala berarti dalam proses konstruksi Jalan Tol Bayung Lencir Tempino.

Kepala Badan Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Jambi Ibnu Kurniawan menyatakan, sejak akhir April tahun 2024 juga tengah dilakukan land clearing (pembukaan lahan).

Baca Juga: Sudah Hampir 80 Persen, Tol Pertama Jambi Sebentar Lagi Siap di Test Drive: Beroperasi di Pertengahan Tahun 2024!

Land clearing dilakukan pada seksi lanjutan dari Jalan Tol Bayung Lencir Tempino yaitu seksi empat sepanjang 4 kilometer, dari total 19 km ruas ini.

Disebutkan sebanyak 70 persen lahan di seksi empat belum bebas dan tengah berproses serta diupayakan lebih lanjut oleh pihak terkait.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat