bdadinfo.com

Bukan IKN! Segera Rampung Konstruksi Mega Proyek Besar SPALD-T di Jambi Siap Dioperasikan ke Ribuan Sambungan Rumah di Kecamatan Ini, Tepatnya Disini - News

Proyek SPALD-T, Jambi (Freepik)

- Segera rampung konstruksi pengerjaan mega proyek strategis besar Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik-Terpusat (SPALD-T) di Jambi

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya sedang percepat penyelesaian proyek pembangunan SPALD-T. 

Sebelumnya Wali Kota, Fasha sedang meninjau secara langsung pengoperasian Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik (IPALD) Kota Jambi.

Baca Juga: Sedot Harta Karun ‘Emas Hitam’ Ratusan Ribu Barel per Hari, RDMP Balikpapan Bakal Makmurkan Warga Kota Minyak, Kapan Beroperasi?

IPALD yang memiliki kapasitas 7.600 meter kubik per hari dengan potensi pelayanan mencapai 10.300 Sambungan Rumah (SR).

Fasha menjelaskan, proyek pemerintah pusat ini memang terdiri dari beberapa paket pekerjaan yang nantinya terkoneksi satu dengan lainnya.

Terkoneksi satu dengan lainnya menjadi satu rangkaian instalasi pengolahan air limbah domestik di Kota Jambi. 

Baca Juga: Aturan Rahasia di Met Gala, Ajang Fesyen Tahunan Paling Bergengsi di Dunia

Menurut Fasha, pengerjaan yang belum rampung ialah pekerjaan instalasi jaringan dari sumber rumah tangga dan komersil yang terletak di dua kecamatan.

"Sistem pengotahan air limbah Kota Jambi akan melayani 2 (dua) Kecamatan di Kota Jambi yaitu Kecamatan Pasar dan Kecamatan Jambi Timur,” ujar Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Ditjen Cipta Karya Kementerian PU Jambi, Dibyo Saputra

“Air limbah domestik yang dihasilkan dari daerah layanan tersebut nantinya akan disalurkan melalui jaringan perpipaan dengan panjang +40 km menuju Rumah Pompa di,” 

Baca Juga: Sumbar Bersemangat! Rencana Besar Proyek Pembangunan Konstruksi Jalur Kereta Api Ini Segera Dipulihkan Sesaat Lagi, Ditargetkan Rampung 2025?

“Kelurahan Rajawali dan selanjutnya air limbah dipompa dan disalurkan menuju IPAL yang berada di Kelurahan Kasang. Air limbah,” tuturnya.

“ini akan diolah dan air hasil olahannya akan dibuang ke badan air (sungai) setelah memenuhi standar baku mutu yang ditetapkan pemerintah," tegas Dibyo. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat