bdadinfo.com

Proyek Smelter Freeport Termegah di Kabupaten Gresik Bakal Segera Rampung, Mulai Beroperasi Juni 2024 - News

Capai Progres 94%, Proyek Smelter Freeport Indonesia di Gresik Ditargetkan Rampung Mei 2024 - Foto: Top Konstruksi

- Proyek pembangunan infrastruktur strategis di Kabupaten Gresik, Jawa Timur masih terus dikebut termasuk Smelter Freeport Indonesia.

Smelter Freeport yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur akan segera beroperasi, dilihat dari progres pembangunan yang sudah mencapai 100 persen.

Pembangunan Smelter tembaga PT Freeport Indonesia di kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur dikabarkan akan segera rampung pada Juni 2024 Ini.

Nantinya fasilitas smelter baru di Gresik ini baru akan mulai memproduksi tembaga pada Agustus 2024.

Terletak di Gresik, Jawa Timur, PT Smelting merupakan fasilitas smelter tembaga pertama di Indonesia.

Pembangunan smelter tembaga tersebut akan memakan biaya mencapai US$2,2m atau sekitar Rp33 triliun dari total US$3 miliar atau Rp45 triliun.

Rencananya pada tahap awal, smelter tersebut baru hanya akan memproduksi sebanyak 50 persen tembaga atau setara dengan 850.000 ton dari total kapasitas produksi tahunan sebesar 1,7 juta ton.

Kapasitas produksi penuh dengan 100 persen baru akan beroperasi pada akhir tahun 2024.

Memiliki luas sekitar 100 hektare, smelter ini merupakan wujud komitmen PTFI untuk mematuhi persyaratan yang terdapat dalam izin usaha pertambangan khusus (IUPK).

Smelter ini nantinya akan menghasilkan produk utama berupa katoda tembaga, emas, perak murni batangan, serta platinum group metal (PGM). Produk lainnya adalah asam sulfat, gipsum, dan timbal. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat