bdadinfo.com

2 Smelter Nikel Bernilai Total Rp36,5 Triliun Dibangun di Kalimantan Timur, Ditargerkan Dapat Dinikmati Akhir Tahun - News

Dua smelter nikel dibangun di Kalimantan Timur dengan nilai investasi total Rp36,5 triliun (freepik)

- Mulai tahun 2023 lalu, Kalimantan Timur mulai mengusahakan pembangunan 2 smelter nikel terbesar.

Pembangunan smelter nikel di Kalimantan Timur ini akan sangat terintegrasi dengan pengembangan kawasan industri kendaraan listrik nasional.

Dua smelter nikel ini dibangun di wilayah Kariangau dan wilayah Pendingin, Kecamatan Sanga Sanga, Kutai Kartanegara.

Baca Juga: Giliran Aceh dan Sumatera Utara yang Akan Tersambung Sempurna Lewat Tol Trans Sumatera, Progres Sudah 93 Persen

Smelter di kawasan Kariangau akan dibangun dengan investasi senilai Rp6,5 triliun oleh PT Mitra Murni Perkasa (MMP).

Sementaraitu, smelter nikel di Kawasan Kutai Kartanegara akan dibangun dengan investasi kurang lebih Rp30 triliun oleh PT Kalimantan Ferro Industry (KFI).

Peresmian pembangunan smelter nikel di Kalimantan Timur ini dilaksanakan sejak September 2023 lalu yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi.

Baca Juga: Penilaian Akhir Tahun Al Quran Hadis Kelas 6 MI dan Kunci Jawaban Bagian Essay Halaman 136 Kurikulum Merdeka

Peresmian tersebut juga dihadiri oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dalam pernyataannya, Hadi Mulyadi berpesan agar PT MPP dapat menjalin hubungan harmonis dengan warga sekitar sehingga perusahaan dapat beroperasi dengan sukses.

Pembangunan smelter nikel di wilayah Kalimantan Timur ini selanjutnya akan menjadi pendukung utama bagi industri baterai di Indonesia.

Baca Juga: Kejar Tiket Terakhir Olimpiade, Andre Rosiade: Tetap Semangat Garuda Muda!

Investasi yang dilakukan oleh MMP dalam pembangunan smelter nikel di kawasan Kariangau juga 100 persen merupakan penanaman modal dalam negeri.

Hal ini diharapkan dapat menjadi momentum perwujudan industri hilirisasi yang bermanfaat bagi perkembangan industri baterai nasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat