bdadinfo.com

Waduh! 10 Ruas JTTS ini Ternyata Dibangun Pakai Utang? Ada Proyek Jalan Tol Sumatera Barat juga yang Masuk dalam Daftar - News

Ilustrasi pembangunan ruas jalan tol yang masuk ke dalam pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tahap dua. Proyeknya diketahui berasal dari pinjaman atau hutang. Salah satu jalan tol di JTTS tahap dua ini ada di Sumatera Barat. (Instagram: kemenpupr)

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) direncanakan dilaksanakan dalam 4 (empat) tahap pembangunan.

Hingga tahun 2024 ini, diketahui telah dilaksanakan sejumlah pembangunan dari beberapa tahap konstruksi Jalan Tol Trans Sumatera.

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera tahap 1 (satu) dan tahap 2 (dua) tmenjadi dua tahap pembangunan yang sudah didorong penyelesaiannya oleh pihak terkait.

Baca Juga: Akhirnya Proyek Terbesar Se-Sumatera yang Ada di Aceh Ini Bakal Rampung September 2024 setelah 9 Tahun Dibangun Habiskan Triliunan!

Menariknya, untuk alokasi dana pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera tahap dua dilakukan dengan menggunakan skema Pembayaran Berkala Berbasis Layanan (PBBL). 

Kebutuhan dana pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera tersebut diketahui senilai Rp21 triliun yang berasal dari pinjaman atau utang.

Disebutkan bahwa skema PBBL tersebut merupakan pembayaran berkala. Artinya porsi tertentu dipinjam dan kemudian dicicil secara tahunan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga: Jalan Tol Padang-Sicincin Ditargetkan Beroperasi Juli Tahun 2024, DPRD Sumatera Barat Berikan Tanggapan

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera tahap dua sendiri berjalan dengan baik, saat ini diketahui telah mulai proses penandatanganan kontrak. 

Sehingga, sebentar lagi sudah bisa dilakukan groundbreaking untuk proyek yang porsi utang. Sementara porsi dukungan konstruksi itu sudah dimulai.

Lebih lanjut, dalam proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera tahap dua ini diketahui terdapat pula proyek jalan tol yang akan dilangsungkan di Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga: Masuki Pertengahan Tahun 2024, Proyek Jalan Tol di Sumatera Barat Makin Bertambah Panjang: Pertanahan Sumbar Terus Lobby Pemilik Lahan

Setidaknya terdapat 3 (tiga) proyek pembangunan jalan tol di Sumatera Barat yang masuk ke dalam daftar pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera tahap dua.

Merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2024, berikut daftar ruas Jalan Tol Trans Sumatera pembangunan tahap 2 (dua):

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat