bdadinfo.com

Akhirnya Proyek Terbesar Se-Sumatera yang Ada di Aceh Ini Bakal Rampung September 2024 setelah 9 Tahun Dibangun Habiskan Triliunan! - News

Ilustrasi pembangunan Bendungan Krueng Keureuto di Provinsi Aceh ini digadang-gadang akan menjadi yang terbesar di Pulau Sumatera. Rampung September tahun 2024. (Instagram: kemenpupr)

- Salah satu proyek besar di Pulau Sumatera dikabarkan akan rampung di tahun 2024 ini.

Proyek pembangunan besar tersebut adalah Bendungan Krueng Keureuto di Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Pembangunan Bendungan Krueng Keureuto diketahui telah mencapai progress 91 persen, dan direncanakan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada September tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Jalan Tol Padang-Sicincin Ditargetkan Beroperasi Juli Tahun 2024, DPRD Sumatera Barat Berikan Tanggapan

Bendungan Krueng Keureuto di Provinsi Aceh ini digadang-gadang menjadi bendungan terbesar di Pulau Sumatera.

Bendungan Krueng Keureuto ini memiliki fungsi utama untuk menampung air dari Sungai Krueng Keureuto di Kabupaten Aceh Utara.

Sungai Krueng Keureuto ini seringkali dianggap sebagai salah satu penyebab utama terjadinya banjir di Kota Lhoksukon dan sekitarnya.

Baca Juga: Masuki Pertengahan Tahun 2024, Proyek Jalan Tol di Sumatera Barat Makin Bertambah Panjang: Pertanahan Sumbar Terus Lobby Pemilik Lahan

Sungai Krueng Keureuto ini memiliki beberapa anak sungai. Terdapat enam anak sungai yang memberikan kontribusi aliran ke dalam Krueng Keureuto. 

Sehingga, tidak jarang hal tersebut menyebabkan banjir di sekitar daerah hilir pada waktu-waktu tertentu.

Bendungan Krueng Keureuto ini memiliki kapasitas tampung 215,94 juta m³, selain itu juga dirancang memiliki tampungan khusus banjir sekitar 30,39 juta meter kubik atau sebesar 501,49 m³/ detik.

Baca Juga: Pemprov Sumatera Barat Turun Gunung Beri Bantuan Ganti Rugi Lahan untuk Proyek Jalan Tol di Tanah Minang: Rampung di Tahun 2024 Semakin Nyata!

Bendungan Krueng Keureuto ini mampu mengurangi debit banjir sampai dengan periode ulang 50 tahun di kawasan Aceh Utara.

Tidak hanya itu, Bendungan Krueng Keureuto ini juga akan difungsikan untuk menyediakan air irigasi yang mampu mengairi lahan seluas 9.420 hektar 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat