bdadinfo.com

Sempat Terkendala, Lahan Proyek Tol di Provinsi Aceh Mulai Digarap Konstruksi Fisiknya: PON Kian Dekat, Jalan Tol Makin Terlihat! - News

Ilustrasi proses pembebasan lahan proyek Jalan tol Sigli-Banda Aceh di provinsi Aceh. Tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini terusmenunjukkan progres yang positif. (Instagram: kemenpupr)

- Pembangunan Jalan Tol Sigli Banda Aceh terus dikebut tahapan konstruksinya oleh pihak pengembang.

Proyek jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini menyisakan seksi 1 (satu) Jalan Tol Padang Tiji Seulimeum sepanjang 25 km.

Jalan tol ini ditargetkan rampung sebelum dimulainya event Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 Aceh Sumut pada 8 hingga 20 September 2024.

Baca Juga: Sejak Mahyeldi Jadi Gubernur, Sumatera Barat Total Gelontorkan Rp650 Miliar untuk Proyek Pembangunan: ini Daftarnya!

Pihak pengembang jalan tol meyakini paling tidak fungsional seksi satu di Agustus tahun 2024 ini dapat terlaksana.

Adapun  Jalan Tol Sigli Banda Aceh ini dibangun dengan rencana terdapat 6 (enam) seksi pembangunan.

Tiga seksi yang ada di ruas Jalan Tol Sigli Banda Aceh saat ini telah beroperasi dengan pengenaan tarif antara lain seksi 2 (dua), seksi 3 (tiga) dan seksi 4 (empat).

Baca Juga: Sebentar Lagi Naik Takhta! Prabowo Siap Ambil Alih Proyek JTTS dari Jokowi: ini Daftar Proyek yang Tersisa, Lanjut Atau Berhenti?

Sementara seksi 5 (lima) dan 6 (enam) belum memberlakukan tarif atau masih gratis karena ruas bagian Jalan Tol Sigli Banda Aceh tersebut masih dalam tahapan sosialisasi.

Pihak pengembang ruas Jalan Tol Sigli Banda Aceh, Hutama Karya sendiri mengaku terkendala kebutuhan lahan tambahan untuk penyelesaian sepenuhnya dari jalan tol tersebut.

Hutama karya sendiri mencatat kebutuhan lahan tambahan untuk seluruh seksi Jalan Tol Sigli Banda Aceh ini mencapai 112 hektare.

Baca Juga: Jambi Tersenyum Lebar! Terus Tambah Proyek Jalan Tol, Terbaru Sepanjang 19 Km ini Sudah Rampung Pembebasan Lahannya: Tinggal Eksekusi Konstruksi Fisik

Sementara khusus seksi 1 (satu) Jalan Tol Padang Tiji Seulimeum kebutuhan lahan tambahan mencapai seluas 80 hektare.

Sebagaimana diketahui,  selama ini pembangunan ruas Jalan Tol Sigli Banda Aceh lambat karena terkendala pada pembebasan lahan terutama seksi satu di kawasan Jalan Tol Padang Tiji Seulimeum.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat