bdadinfo.com

Dulu Sempat Ditolak, Jokowi Tetap Berbesar Hati Bangun Jalan Tol Sepanjang 410 Km di Provinsi Aceh: Tanah Rencong Harus Terkoneksi sampai Lampung! - News

Ilustrasi pembangunan jalan tol di Provinsi Aceh. Tol bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini akan terbangun sepanjang 410 km di tanah rencong. (Dok: Hutama Karya)

- Pembangunan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) merupakan salah satu upaya mengkoneksikan Pulau Sumatera oleh pemerintah.

Nyatanya, dalam perjalanannya menghadirkan kemudahan konektivitas tersebut pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui sederet halangan.

Salah satunya penolakan yang pernah terjadi beberapa waktu lalu ihwal rencana pembangunan jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera di Provinsi Aceh.

Baca Juga: Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Sudah Didepan Mata Rampung, Konstruksinya Ternyata Telah 85 Persen: Agustus 2024 Fungsional?

Meski demikian, berjalannya waktu, Pemerintah Pusat dan pemerintah Daerah dapat bersinergi sehingga pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera pun tetap terlaksana.

Niatan untuk mengkoneksikan seluruh daerah mulai dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Lampung pun terus didorong oleh pihak terkait.

Berbicara mengenai proyek pembangunan infrastruktur di Provinsi Aceh, tanah rencong ini diketahui akan memiliki jalan tol sepanjang 410 km ke depannya.

Baca Juga: Sempat Terkendala, Lahan Proyek Tol di Provinsi Aceh Mulai Digarap Konstruksi Fisiknya: PON Kian Dekat, Jalan Tol Makin Terlihat!

Nantinya akan ada sejumlah ruas jalan tol yang hadir di Provinsi Aceh dan menjadi salah satu jalan penghubung antar daerah.

Diketahui, Provinsi Aceh saat ini tengah berupaya menyelesaikan Jalan Tol Sigli Banda Aceh Sigli sepanjang 74 km yang juga merupakan jalan tol pertama di Provinsi Aceh.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tengah menyelesaikan Jalan Tol Trans Sumatera di Aceh yang direncanakan sepanjang 410 km.

Baca Juga: Sejak Mahyeldi Jadi Gubernur, Sumatera Barat Total Gelontorkan Rp650 Miliar untuk Proyek Pembangunan: ini Daftarnya!

Rinciannya, Jalan Tol Sigli Banda Aceh sepanjang 74 km, Jalan Tol Sigli Lhokseumawe sepanjang 157 km, Jalan Tol Lhokseumawe Langsa sepanjang 134 km.

Kemudian, Jalan Tol Langsa hingga batas Provinsi  Sumatera Utara dengan panjang lintasan mencapai 44 km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat