bdadinfo.com

Panjangnya Bak Ular Piton? Tak Hanya Kawasan Megah Tapi Jalan Lalu Lintas IKN Disinilah Ternyata Pembangunan Proyek Konstruksi Gunakan Teknologi Al - News

Jalan lalu lintas IKN, Kaltim  (Freepik)

- Infrastruktur proyek strategis nasional di Kalimantan Timur terkait progres pengerjaan konstruksi bangunan IKN sepenuhnya menggunakan teknologi canggih.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menggunakan teknologi Artificial Intelligent dalam membangun infrastruktur jalan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Salah satu contohnya melalui penggunaan alat automatic compactor di IKN," ujar Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan.  

Baca Juga: Jadi Bulan-bulanan karena Nasabah Tak Bisa Tarik Uang, Bank Mandiri Endingnya Melunak

Jalan dan Jembatan Ditjen Bina Marga. Kementerian PUPR, Wilan Oktavian di Jakarta pada Kamis 16 Mei 2024.

Pembuktian konsep sistem lalu lintas pintar berbasis kecerdasan buatan yang akan diterapkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Bertujuan untuk semakin memperkuat posisi IKN Nusantara sebagai kota cerdas dan berkelanjutan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 2 SD Volume 2 Halaman 100 Kurikulum Merdeka: Bentuk Balok, Sisi hingga Titik Sudut

Pembuktian konsep tersebut yang merupakan bentuk dari tindak lanjut nota kesepahaman antara Otorita IKN dan Sergek Projects yang dikelola pada bulan September 2023.

Ruang lingkup PoC dimulai pada manajemen lalu lintas tingkat lanjut, penegakan hukum lalu lintas, dan monitoring emisi serta ekologi. 

Sejak diluncurkan pada bulan Februari 2024 platform yang memberikan wawasan dan nilai tambah terkait pola lalu lintas Kota Balikpapan.

Baca Juga: Logika Oknum Teller Bank Mandiri 'Nol', Sukses Bikin Nasabah Naik Pitam: Tolong Training Karyawan yang Bener!

Pola lalu lintas Kota Balikpapan dengan menggunakan analisis data pada berbagai parameter, antara lain waktu perjalanan, kecepatan rata-rata dan kepadatan arus. 

Kedepannya potensi teknologi ini akan dimaksimalkan di IKN, tempat studi kasus penggunaan dan hasil PoC akan diperluas. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat