bdadinfo.com

Membingungkan! Baru Rampung Proyek Konstruksi Bendungan Terbesar ke 2 di Indonesia, Hubungkan 2 Kabupaten Hingga PLTA Tertinggi di Sini - News

Bendungan megah 2 Kabupaten  (Unplash)

- Rencana mega proyek strategis nasional di Sulawesi Tenggara terdapat di Kabupaten Konawe dan Koltim sedang baru dinyatakan rampung.

Pembangunan mega proyek konstruksi Bendungan Pelosika di Sulawesi Tenggara yang ada di Kabupaten Konawe dan Koltim. 

Bendungan Pelosika yang baru saja rampung tahun 2024 dan rencananya dicanangkan sebagai bendungan terbesar kedua di Indonesia. 

Baca Juga: Soal Uji Pemahaman Bab 5 dan Kunci Jawaban IPAS Kelas 3 Halaman 140 Kurikulum Merdeka: Denah dan Kenampakan Alam

Sebabnya Bendungan Pelosika yang berlokasi di Indonesia bagian timur dengan total kapasitas tampungan sebesar 774,16 juta meter kubik. 

Pasalnya Bendungan multifungsi sebagai fungsi utamanya dalam mengairi daerah irigasi lahan pertanian seluas 22.764 Hektare. 

Tak hanya itu melainkan bendungan juga sebagai penyedia air baku sebesar 750 kuartal 1 per detik dengan mereduksi banjir.

Baca Juga: Logika Oknum Teller Bank Mandiri 'Nol', Sukses Bikin Nasabah Naik Pitam: Tolong Training Karyawan yang Bener!

Dengan mereduksi banjir sebesar 44,56 persen dan dialiri Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) setinggi 2 x 10 MegaWatt. 

Kementerian PUPR dan Pemerintah Tiongkok yang diwakili oleh China International Development Cooperation Agency (CIDCA). 

CIDCA yang telah sepakat menandatangani naskah Exchange of Letter untuk pembangunan Bendungan Pelosika, Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Mesin Pesawat Garuda Indonesia Terbakar, 450 Jemaah Haji Gagal diberangkatkan ke Madinah

Kedepannya Bendungan Pelosika dapat menjadi sumber mata pencaharian masyarakat dari sektor pariwisata. 

Selain itu Bendungan untuk aliran persawahan tapi juga ada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) secara otomatis membutuhkan tenaga kerja. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat