bdadinfo.com

Pemkab Agam dan Unand Kolaborasi dalam Pengembangan Pangan Lokal - News

Pemkab Agam dan Unand Kolaborasi dalam Pengembangan Pangan Lokal (Humas Pemkab Agam )

- Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Agam bersama Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand) meresmikan kerjasama strategis yang bertujuan untuk mengoptimalkan potensi bahan pangan lokal.

Kerjasama tersebut diresmikan di Taman Wisata Muko Muko Maninjau, pada Sabtu, 8 Juni 2024 yang dihadiri oleh Plh Asisten II Bupati Agam, Hamdi ST, M.Eng, didampingi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Dalam sambutannya, Hamdi menyambut baik kerjasama ini dan menekankan pentingnya kolaborasi antar berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi, dalam menggali potensi bahan pangan lokal.

Baca Juga: Pemkab Agam Gelar Rapat Persiapan Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Sumbar

"Kerjasama ini akan mendatangkan manfaat yang lebih besar untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Unand, DR. Ir. Alfi Asben, M.Si, juga memberikan sambutan yang memaparkan rangkaian kegiatan dalam rangka launching kerjasama ini, yang bertepatan dengan Dies Natalis ke-16 Fateta Unand.

Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain pengabdian masyarakat di Kecamatan Tanjung Raya dan Kecamatan Matur, seperti pemutihan kulit kacang matur, peningkatan kualitas produk gula semut, pembinaan UMKM, dan penyerahan bibit aren.

Baca Juga: Pemkab Agam Salurkan Bantuan Bencana dari Kabupaten Bengkalis kepada Guru dan Murid Terdampak

Diaamping itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Agam, Rosva Deswira dalam sambutannya menjelaskan bentuk kerjasama yang disepakati, termasuk pengembangan dan diversifikasi produk pangan lokal, implementasi hasil riset, dan peningkatan SDM di lingkup Dinas dengan bantuan Fateta Unand.

Acara ini juga dimeriahkan dengan pameran dan penilaian produk UMKM yang bertujuan untuk memperluas pasar dan meningkatkan kualitas produk di masa yang akan datang. Pameran ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi yang efektif bagi produk-produk lokal dan memperkuat jejaring pemasaran.

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya pemanfaatan potensi lokal yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi, serta mendukung program kedaulatan pangan di Kabupaten Agam. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat