bdadinfo.com

Baznas Kabupaten Agam Gelar Rapat Pleno Bahas Bantuan Kebencanaan - News

Baznas Kabupaten Agam Gelar Rapat Pleno Bahas Bantuan Kebencanaan (Humas Pemkab Agam)

- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Agam mengadakan rapat pleno untuk membahas bantuan bagi korban kebencanaan di Kabupaten Agam. Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Agam, Isman Imran, dan berlangsung pada Kamis, 6 Juni 2024.

Dalam rapat tersebut, Isman Imran menyampaikan bahwa berdasarkan data yang telah dikumpulkan, sebanyak 169 siswa/i tingkat TK hingga SLTP terdampak banjir bandang dan lahar dingin di lima kecamatan di bagian timur Kabupaten Agam. Rinciannya adalah 42 anak TK, 118 anak SD, dan 9 siswa SLTP.

"Kemenag Agam juga telah memberikan bantuan kepada instansi yang terdampak bencana banjir bandang dan lahar dingin. Pemberian bantuan disesuaikan dengan kebutuhan korban terdampak," ujar Isman Imran.

Baca Juga: Bantuan Kemanusiaan dari Badan Pangan Nasional untuk Kabupaten Agam

Isman menegaskan bahwa bencana yang terjadi di Kabupaten Agam dikategorikan sebagai bencana nasional. Oleh karena itu, semua yang terdampak akan dibantu tanpa memandang asal-usul mereka, sesuai dengan syarat yang diatur dalam undang-undang.

Bantuan yang diberikan berupa paket berisikan tas, payung, sepatu, dan uang tunai sebesar Rp 250.000 per orang. Untuk santri pondok pesantren yang juga terdampak bencana, sebanyak 37 orang, bantuan akan disalurkan sesuai dengan kebutuhan mereka setelah dilakukan pendalaman informasi di lapangan.

"Untuk madrasah, kami menunggu data valid dari Kemenag Kabupaten Agam dan bantuan akan disalurkan bersamaan dengan bantuan untuk santri pondok pesantren serta siswa tingkat SLTA," tambah Isman.

Baca Juga: Bapenda Agam Berpacu Optimalkan PAD

Selain itu, BAZNAS Kabupaten Agam akan memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 500.000 per orang kepada penjaga sekolah atau petugas keamanan yang terdampak bencana, setelah dilakukan pendalaman informasi. Terdapat juga Bantuan untuk korban kebakaran rumah kitab diberikan untuk pengobat tangisnya berupa selimut, kasur, dan sembako sesuai kebutuhan korban dan perbaikan rumah nya Rp 5.000.000/orang.

Jadwal pendistribusian bantuan akan dilakukan pada hari Rabu, 12 Juni 2024, secara langsung di Mess Pemda Belakang Balok, Bukittinggi.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan para korban dapat segera bangkit dan melanjutkan aktivitas mereka dengan normal. BAZNAS Kabupaten Agam terus berkomitmen untuk memberikan bantuan yang diperlukan bagi masyarakat yang terdampak bencana. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat