bdadinfo.com

Tinjau Pembangunan Kawasan IKN, Presiden Jokowi Tegaskan Pembebasan Lahan Dibayar Maret 2023 - News

Presiden Jokowi tinjau pembangunan Kawasan IKN

- Presiden Jokowi (Joko Widodo) bersama istri, Iriana, melakukan kunjungan kerja ke Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur sejak Rabu, 22 Februari 2023.

Dalam salah satu kunjungan kerja di Balikpapan, Presiden Jokowi mengunjungi proyek pembangunan IKN (Ibu Kota Nusantara) yang masih berjalan hingga saat ini. 

Proyek pembangunan IKN yang ditinjau Presiden Jokowi adalah jalan tol rute Balikpapan ke kawasan inti IKN yang rencananya akan rampung pada tahun 2024.

Baca Juga: Cara Mahyeldi Tekan Pengangguran di Sumbar, SMK Harus Buka Jurusan Sesuai Dunia Usaha

Dilansir News dari laman resmi web Sekretariat Kabinet RI, Presiden Jokowi berujar bahwa jarak tempuh yang nanti bisa dirasakan bila infrastruktur tersebut sudah selesai dibangun hanya sekitar setengah jam saja.

"Ya, ini jalan tol dari Balikpapan menuju ke kawasan inti yang jaraknya kurang lebih 40-an kilometer, ditempuh kurang lebih 30 menit dari Balikpapan. Sudah berjalan lapangannya, kita bisa lihat," kata Jokowi, dikutip dari setkab.go.id pada 23 Februari 2023.

Ia juga berharap bahwa jalan tol ini akan menjadi fasilitas pertama untuk proyek IKN.

"Kita harapkan ini menjadi infrastruktur pertama yang dibangun dalam rangka pembangunan Ibu Kota Nusantara," katanya.

Perihal target penyelesaian pembangunan IKN, ia berujar akan selesai pada tahun depan.

"Ini akan diselesaikan Insya Allah di 2024 akhir, selesai," imbuhnya.

Baca Juga: Apresiasi Putusan Sidang KKEP, LPSK: Bharada E Masih Miliki Masa Depan Cerah di Polri

Dalam proses pembangunan IKN, Presiden Jokowi tidak lupa dengan konsep lingkungan yang ia terapkan. Oleh karenanya ia menegaskan seluruh pihak harus memperhatikan dampak lingkungan yang berada di sekitar.

"Yang paling penting yang selalu saya ingatkan, untuk yang di lapangan, yang berkaitan dengan lingkungan. Karena konsep kota yang ingin kita hadirkan di Ibu Kota Nusantara adalah konsep lingkungan, sehingga sekecil apapun yang berkaitan dengan lingkungan itu harus diperhatikan," imbuhnya.

Ia juga sudah mengonfirmasi bahwa wilayah IKN sudah menyelesaikan soal pembebasan lahan.

“Enggak ada. Kemarin iya, tapi hari ini sudah diinfo oleh Pak Menteri PU enggak ada masalah. Tinggal bayar bulan Maret minggu depan,” tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat