bdadinfo.com

Pesan Jokowi soal Tol Tanggul Laut Semarang Demak Senilai Rp 5,9 Triliun, Nggak Main Main Lho - News

Pesan Jokowi soal Tol Tanggul Laut Semarang Demak Senilai Rp 5,9 Triliun, Nggak Main Main Lho (BPMI Setpres/Laily Rachev)

- Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol tanggul laut Semarang Demak Seksi II ruas Sayung-Demak senilai Rp 5,9 triliun, Sabtu 25 Februari 2023, di Gerbang Tol Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Presiden Jokowi menuturkan, pembangunan infrastruktur tol sepanjang 16,01 kilometer ini tidak hanya untuk mempercepat transportasi logistik, tetapi juga sekaligus sebagai tanggul laut yang dapat mencegah banjir rob.

"Saya juga sangat menghargai Jalan Tol Sayung-Demak yang telah dibangun ini, karena yang kedua ini juga sekaligus sebagai tanggul laut," Kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Wow Profil Pengacara Agnes: Kasus Mafia Tanah, Bela Bos Tanuwidjaja, Rekam Jejak Kemenangan Luar Biasa

Jokowi berujar, diperkirakan dalam beberapa waktu mendatang banjir rob akan semakin jauh dan levelnya akan semakin tinggi masuk ke daratan.

"Rob yang ke depan menurut saya akan semakin jauh dan levelnya akan semakin tinggi masuk ke daratan karena perubahan iklim, itu sedikit bisa kita cegah dengan fungsi jalan tol sekaligus tanggul laut dari jalan yang telah dibangun ini," ujar mantan Wali Kota Solo itu.

Jokowi mengimbau agar Pemerintah Daerah setempat dapat menyambungkan dengan sentra-sentra produksi dan industri yang ada di sekitarnya dengan jalan tol ini.

Baca Juga: Netizen Kulik Video Penganiayaan David: Mario dan Shane Muncul di Gambar, Agnes yang Pegang Kamera?

"Saya hanya ingin mengingatkan kembali bahwa seluruh jalan tol yang telah selesai di tanah air, agar gubernur, bupati, wali kota segera menyambungkan, mengintegrasikan dengan kawasan-kawasan produksi yang ada di wilayahnya masing-masing," imbuhnya.

Pria kelahiran Surakarta ini menilai, jika kawasan-kawasan yang ada dapat terkoneksi mulai dari kawasan industri, pertanian, perkebunan, hingga pariwisata, maka akan mendorong efisiensi sekaligus meningkatkan daya saing Indonesia.

"Sehingga manfaat jalan tol betul-betul akan memberikan kecepatan, baik dalam transportasi logistik maupun dalam membawa produk-produk produksi dari pertanian, perkebunan, dan dari kawasan-kawasan industri yang kita miliki. Sehingga dengan kecepatan itulah efisiensi, daya saing, competitiveness kita kita miliki," jelasnya.

Baca Juga: Total Penipuan Online Rugikan 130 Ribu Orang, Pemerintah Libatkan 12 Kampus Tangkal Modus Jahat di Masyarakat

Peresmian jalan tol yang sekaligus tanggul laut ini ditandai dengan Presiden Jokowi menekan tombol sirine bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian jalan tol.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat