bdadinfo.com

KPK Periksa Asal Saham Perusahaan Rafael Alun - News

Konferensi Pers KPK usai memeriksa Rafael Alun Trisambodo (Youtube/KPK RI)

- Kendati belum seluruhnya terang benderang soal asal-usul harta kekayaan Rafael Alun, KPK mengungkapkan bahwa mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Pajak Jakarta Selatan II ini tercatat memiliki saham di enam perusahaan.

Kepemilikan enam saham perusahaan milik Rafael Alun itu disebutkan dalam LHKPN periodik 2021.

Namun, publik hanya bisa mengakses kepemilikan saham itu hingga surat berharga yang tercantum dalam LHKPN Rafael Alun.

Baca Juga: Siap-siap Beli Saham! BEI Bakal Kedatangan Tamu dari Perusahaan Jasa Haji dan Umrah Asal Ciputat 

Adapun nilai saham itu disebut mencapai lebih dari Rp1.5 miliar.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan menyebutkan bahwa dalam LHKPN dalam catatan enam saham perusahaan itu, dua diantaranya dimiliki oleh perumahan di Minahasa Utara.

"Kalau saya punya perusahaan, yang saya catat di LHKPN itu hanya sahamnya saja," ujarnya dalam konferensi pers usai pemeriksaan Rafael Alun, Rabu 1 Maret 2023.

Baca Juga: Wuling Alvez Hadir di Summarecon Mall Bekasi, Ternyata Kasih Promo Ini!

Sebelumnya, diketahui bahwa KPK tengah mengalami kendala dalam memeriksa kekayaan Rafael Alun pada tahun 2011 lantaran Rafael sendiri baru wajib lapor pada tahun 2011.

KPK juga telah mengirimkan tim untuk menelusuri enam saham perusahaan milik Rafael di Manado dan Yogyakarta.

"Soal kaya atau tidak seperti saya ulang berkali-kali bahwa berapa pun hartanya, silakan ditaruh di LHKPN," ucap Pahala Nainggolan.

Baca Juga: Daftar Harga HP Apple iPhone Terbaru Maret 2023, Cek di Sini!

Nainggolan juga mengaku bahwa tidaklah salah bagi seseorang untuk memiliki harta yang melimpah, sepanjang asalnya masih bisa dipertanggungjawabkan.

Dalam LHKPN, asal harta yang bisa dipertanggungjawabkan adalah waris, hibah dengan akta, hibah tanpa akta, dan hasil sendiri.

Nainggolan menegaskan bahwa pihaknya tidak hanya menargetkan untuk mengklarifikasi keberadaan harta milik Rafael Alun, tetapi juga asal hartanya sendiri. Hal tersebut diakui olehnya sebagai kendala karena proses pencariannya yang memakan waktu lama. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat