bdadinfo.com

OTT KPK Berhasil Jerat Bupati Meranti Muhammad Adil, Bukti Prestasi Brigjen Endar Priantoro - News

Mantan Direktur Penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Brigjen Endar Priantoro memiliki peran dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK yang berhasil menjerat Bupati Meranti Muhammad Ali.  (Beritasatu.com/Helmut Timothy)

- Bupati Meranti Muhammad Adil terjerat Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar oleh KPK di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, pada Kamis malam, 6 April 2023.

Dalam OTT tersebut, KPK mengamankan Bupati Meranti Muhammad Adil, puluhan pejabat setempat yang merupakan kepala dinas, serta pihak swasta, dalam operasi senyap tersebut.

Dari keterangan hasil OTT yang digelar KPK itu, diketahui bahwa Bupati Meranti Muhammad Adil terlibat dalam kasus penyuapan dana.

Baca Juga: 7 Drama Korea Berfokus Tentang Bullying, Perlihatkan Pentingnya Ilmu Parenting pada Anak

KPK berhasil mengamankan uang tunai yang diduga merupakan bukti suap. Uang tersebut saat ini sedang dalam proses penghitungan.

Uang itu diduga berkaitan dengan pemotongan Uang Persediaan dan Ganti Uang Persediaan hingga suap pengadaan jasa umrah.

Mantan Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Yudi Purnomo, menilai OTT terhadap Bupati Meranti Muhammad Adil, merupakan hasil kerja keras Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan (Dir Lidik).

Baca Juga: Oknum Pegawai Pajak Bersikap Tak Manusiawi ke Soimah: Saya Kerja Hasil Jerih Payah Sendiri Bukan Hasil Maling!

Menurut keterangan Yudi, kasus dugaan korupsi Bupati Meranti sudah diselidiki saat Brigjen Endar Priantoro masih menjabat sebagai Dir Lidik KPK. Yudi menilai, OTT Bupati Meranti juga sebagai bukti Brigjen Endar Priantoro berkompeten sebagai Dir Lidik KPK.

"Para penyelidik ini menuntaskan kasus yang sebelumnya dipimpin Endar untuk membuktikan kepada pimpinan KPK bahwa Endar kompeten sebagai Direktur Penyelidikan. Buktinya kasus yang ketika itu dipimpin Endar ini tuntas dengan OTT terhadap Bupati Meranti," kata Yudi melalui keterangan resminya, Jumat 7 April 2023.

Hal ini sekaligus menjadi tambahan bukti prestasi tidak terbantahkan Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan.

Baca Juga: Liga Spanyol Rayo Vallecano vs Atletico Madrid, Simak Prediksi Skor, Head to Head dan Line Up Pemain

Yudi mengapresiasi para penyelidik KPK yang masih semangat memberantas korupsi, walau konflik internal KPK semakin kuat.

Ia menduga terjadi konflik di internal KPK buntut dari pencopotan jabatan Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

"Peran Direktur Penyelidikan sangat sentral dalam mengarahkan dan memanajemen satgas penyelidikan di lapangan maupun di kantor KPK," ujar Yudi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat