bdadinfo.com

Peringati Hari Tari, Kota Solok Bakal Gelar Kota Bareh Art Space-tival 29 April 2023 - News

Kota Bareh Art Space-tival digelar di Kota Solok peringati hari tari sedunia (Infosumbar)

- Kota Bareh Art Space-tival rencananya akan digelar di Kota Solok pada Sabtu, 29 April 2023 atas ide dari para seniman, pecinta seni dan generasi muda kota Solok.

Acara yang juga bertujuan untuk memperingati hari tari sedunia ini merupakan upaya yang dilakukan untuk melestarikan kesenian tradisional Minangkabau khususnya Kota Solok.

Gelaran Kota Bareh Art Space-tival mengusung ruang sebagai ide kreativitas dengan bentuk pertunjukan yang hadir mengedepankan lokasi pertunjukan sebagai inspirasi penciptaan karya seni.

Baca Juga: Menakar Pasangan Prabowo-Mahfud MD, Pengamat: PKB Bisa Diuntungkan

Kota Solok akhirnya dipilih sebagai spot yang dijadikan sebagai wadah kesenian dalam berkreativitas ini.

Kegiatan direncanakan akan diisi oleh pertunjukan tari tradisional maupun tari kreasi anak-anak dari berbagai sanggar yang ada di kota maupun Kabupaten Solok.

“Kami akan menampilkan tarian tradisional seperti Tari Piring Lampu Togok, hingga pertunjukan tari kontemporer. Juga kami akan memberikan apresiasi penghargaan kepada seniman tradisi Kota Solok, atas jasa dan perjuangannya melestarikan dan mempertahankan kesenian tradisional hingga saat ini,” ungkap Zulfikar Rizki Ananda, ketua pelaksana kegiatan dikutip dari infosumbar.net.

Baca Juga: Sinopsis Film Basri and Salma in A Never-Ending Comedy Karya Khozy Rizal yang Lolos Festival Film Cannes 2023

“Sesuai dengan namanya, Space-tival yang berarti ruang festival, event ini diharapkan mampu memberikan ruang kepada generasi muda untuk aktif, kreatif serta inovatif dalam upaya melestarikan kesenian tradisional,” imbuhnya.

Pertunjukan seni tari dan seni musik yang rencananya akan ditampilkan dalam Kota Bareh Art Space-tival ini akan dilaksanakan secara luring maupun daring.

Secara daring, pertunjukan akan disiarkan melalui Instagram yang diikuti oleh peserta tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari beberapa negara tetangga seperti Korea Selatan, Thailand, dan juga Malaysia.

Untuk masyarakat yang hendak menyaksikan pertunjukan secara luring atau secara langsung, bisa dating di Taman Syech Kukut dan di area Sawah Solok, tepatnya di Kawasan agrowisata Resto Banda Tengah.

Diakui oleh Koordinator acara, Boby Anoza, acara ini merupakan gabungan dari gagasan yang muncul dari beberapa komunitas seni.

Seperti Alang Bangkeh Art Production, Sanggar Galatiak, Sanggar Puti Karang Manih, Sanggar Lubauk Nan Tigo, Sanggar Suluh Galanggang, dan beberapa komunitas seni dan budaya lainnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat