bdadinfo.com

KUBE Aneka Sulaman Bukittinggi Binaan PLN Kini Kian Produktif dan Dilirik, Intip Kisah Mereka! - News

KUBE Aneka Sulaman Bukittinggi Binaan PLN Kini Kian Produktif dan Dilirik, Intip Kisah Mereka! (Humas PLN )

- Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Aneka Sulaman asal Bukittinggi binaan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar kini kian produktif dan dilirik, intip kisah mereka.

Kesuksesan mereka tidak terlepas lewat bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari PLN.

Aneka Sulaman merupakan UMKM yang bergerak dalam produksi sulaman khas Bukittinggi. Sudah berdiri sejak tahun 2006 yang dipromotori Hj Novita.

Baca Juga: KUBE SKD Syar’i Pesisir Selatan Terima Mesin Jahit Listrik PLN Senilai Rp150 Juta

Bermula dari inisiatif Hj Novita yang berniat membantu ibu-ibu rumah tangga di sekitar tempat tinggalnya dengan cara mengajak mereka memberdayakan hasil produk keterampilan.

Dan kini, Hj Novita sudah memiliki puluhan anggota dan membentuk wadah pengembangan di tempat tinggalnya sendiri.

Ketua Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati (PIKK) PLN UID Sumbar Irma Eric Rossi beserta rombongan berkunjung ke KUBE Aneka Sulaman, Rabu, 24 Mei 2023.

Baca Juga: Hasilkan Produk Bernilai Ekonomis, Wako Padang Apresiasi KUBE Taratak Paneh Hebat

Novita membeberkan kini pendapatan Aneka Sulaman naik lebih dari 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun lalu omzetnya hanya menyentuh Rp720 juta. Pada tahun ini belum setengah tahun sudah mencapai Rp835 juta.

"Artinya ini naik 100 persen lebih. Dimana pencapaian ini tidak lepas dari bantuan PLN," ungkapnya.

Novita menyebutkan, pandemi covid-19 yang sudah menurun berdampak pada peningkatan pendapatan Aneka Sulaman. Sebab, wisatawan kembali ramai berkunjung ke Kota Bukittinggi dan semakin banyak juga yang membeli produk di usahanya.

Saat ini, kata Novita, sedang kerja setoran untuk memproduksi pesanan salah satu sekolah. Salah satu sekolah ternama di Bukittinggi yang order 300-an stel kemeja sulaman dan baju kurung sulaman untuk acara perpisahan.

Tak hanya memproduksi kain sulaman, KUBE Aneka Sulaman juga memproduksi mukena sulaman, mukena kerancang, baju kurta, baju koko sulam tangan, kebaya kerancang, baju kurung basiba, rajutan untuk alas rumah tangga, dan lain sebagainya.

Hj Novita memulai usahanya dengan modal Rp5 juta dan hingga sekarang KUBE masih terus berkembang dengan anggota puluhan orang yang terampil dan produktif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat