bdadinfo.com

Gelombang Panas Merundung, Platform E-Commerce Makin Mendulang Untung - News

Ilustrasi udara panas. (dok. Malay Mail)

- Di tengah gelombang panas yang melanda Asia Tenggara, lebih dari lima juta warga Malaysia mencari air-conditioner (AC) di platform e-commerce utama bulan April 2023 lalu.

Dalam pernyataan eksklusif kepada Malay Mail, Jumat, 2 Juni 2023, Shopee Mobile Malaysia Sdn Bhd mengungkapkan bahwa di antara barang yang paling banyak dicari saat gelombang panas terjadi adalah berbagai model kipas angin.

Platform e-commerce ini menyatakan adanya peningkatan pencarian kata kunci "fan cooler", dengan peningkatan pembelian hingga 16 kali lipat hanya dalam bulan April 2023.

Selama periode yang sama, terdapat lebih dari tiga juta pencarian untuk kipas angin dan lebih dari lima juta pencarian untuk air-conditioner.

Baca Juga: Sejarah! Pesawat Penumpang Terbesar di Dunia Airbus A380 800 Mendarat di Indonesia Pertama Kalinya

Shopee mengamati peningkatan baik dalam pencarian maupun pembelian untuk kipas angin dan AC di tengah kondisi iklim yang semakin panas.

"Pembelian AC dan kipas angin mengalami peningkatan sebesar 22 persen, sementara pembelian kipas angin meningkat sebesar 12 persen pada bulan lalu dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," ungkap perusahaan tersebut.

Demikian pula, Lazada Malaysia mengatakan kepada Malay Mail bahwa air mineral, pembuat es, air-conditioner, kipas angin, pendingin udara, dan pelembab udara untuk rumah, kipas angin langit-langit dan standing, kipas angin portable, serta sprei dan pelindung kasur yang memberikan efek pendinginan adalah beberapa barang populer yang dicari oleh masyarakat dalam cuaca panas saat ini.

"Sejak April 2023 hingga sekarang, kampanye 'Kalahkan Panas' kami mencatat peningkatan lebih dari 40 persen dalam pencarian, penambahan ke keranjang, dan pembelian di platform kami," ungkap perusahaan tersebut.

Produk lain yang banyak diminati selama gelombang panas ini adalah tabir surya perlindungan sinar ultraviolet, sunblock, perawatan kulit pasca-paparan matahari, masker wajah yang melembabkan, pelembab bebas minyak, payung, topi, hijab dan tudung dengan bahan ringan dan katun, serta pakaian cepat kering.

Baca Juga: Kunci Jawaban WOW Level 126 127 128 129 130 Terbaru, Aplikasi Game Words of Wonders

Malaysia sampai saat ini terus berjuang dengan suhu tinggi yang diperkirakan semakin parah akibat fenomena El Nino tahun 2023 ini.

Departemen Meteorologi Malaysia (MetMalaysia) melaporkan beberapa daerah di negara ini, antara lain Kampar, Perak; Raub, Bentong, Temerloh, Kuantan, dan Jerantut di Pahang; Pasir Mas dan Kuala Krai, Kelantan; Beaufort, Kota Kinabalu, dan Kinabatangan di Sabah, masuk ke dalam status Peringatan Level 1 karena suhu tinggi.

Peringatan Level 1 dikeluarkan ketika suhu maksimum harian tetap antara 35°C dan 37°C selama tiga hari berturut-turut, dengan himbauan untuk berhati-hati.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat