bdadinfo.com

Dari Kaum Mayoritas hingga Minoritas, Berikut Perayaan Idul Adha di Berbagai Belahan Dunia - News

Ilustrasi (Pixabay/Suhailsuri)

- Sebentar lagi, umat muslim diseluruh dunia akan merayakan salah satu satu dari dua hari raya besar dalam kalender Islam yakni Idul Adha.

Idul Adha atau dikenal juga sebagai Hari Raya Kurban merupakan hari yang bersamaan dengan peristiwa perjalanan suci bagi umat islam yakni Ibadah Haji.

Idul Adha sendiri merupakan salah satu peringatan dari kisah yang terdapat dalam Al-Quran tentang kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya Ismail sebagai bentuk ketaatan kepada Tuhan.

Oleh karenanya, hari raya Idul Adha ini dirayakan dengan penyembelihan kambing, sapi, domba dan hewan ternak lainnya yang nantinya dibagikan kepada keluarga, teman, dan orang miskin.

Baca Juga: Capcom Kemungkinan Besar Akan Merilis Konten Unduhan Tambahan (DLC) untuk Resident Evil 4 Dalam Waktu Dekat

Seiring berjalannya waktu, umat Islam di berbagai negara belahan dunia ini pun kemudian mengembangkan kebiasaan perayaan Idul Adha yang mereka miliki dengan sentuhan nuansa budaya lokalnya.

Semakin unik dan berbeda, berikut beberapa tradisi Idul Adha yang terjadi di seluruh dunia.

Timur Tengah

Dari Yaman hingga Suriah, negara-negara yang berada di wilayah Timur Tengah ini seringkali menyambut Idul Adha dengan menghidangkan berbagai macam makanan tradisional.

Pada hari raya ini, kalian akan melihat Jalabia yang merupakan makanan khas tradisional Timur Tengah akan ada di sepanjang kota.

Selain itu, banyak juga warga yang menunggangi kuda dengan pakaian turban serta jubah berkeliaran selama hari raya ini.

Asia

Berbeda dengan wilayah Timur Tengah, di Asia kebanyakan perayaan disambut dengan pawai obor pada malam hari sebelum Idul Adha tiba.

Selain itu, pada wilayah Pakistan hingga Afghanistan, banyak wanita remaja hingga lanjut usia yang menghias tangan mereka dengan henna untuk menyambut datangnya hari besar ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat