bdadinfo.com

Pimpin Sidang Terkait APBN 2023, Jokowi Tekankan 6 Hal Ini, Pemilu 2024 juga Disinggung - News

Presiden Jokowi pimpin sidang kabinet terkait pelaksanaan APBN tahun 2023. (Twitter.com/@jokowi)

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin jalannya sidang kabinet terkait pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023 di Istana Negara, Jakarta, Senin, 3 Juli 2023.

Dalam sidang terkait APBN 2023 tersebut, Presiden Jokowi menekankan enam hal kepada segenap jajaran pemerintah termasuk menyinggung terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Presiden Jokowi beralasan, situasi global yang tidak stabil dan adanya polemik geopolitik yang berlangsung di suatu wilayah sedikit banyak mempengaruhi ekonomi negara.

Baca Juga: Begini Jawaban Menpora Dito Ariotedjo Usai Dicecar 24 Pertanyaan oleh Penyidik Kejagung  

“Kita harus mewaspadai beberapa hal, lingkungan global yang masih tidak stabil, pertama. Kemudian ketegangan geopolitik yang terus berlangsung,” kata Jokowi, keterangan tertulis dikutip Senin, 3 Juli 2023.

“ini berimbas pada ekonomi dan aktivitas perdagangan yang lemah,” imbuhnya.

Adapun enam hal yang Kepala Negara tekankan kepada para jajaran di pemerintahan menyangkut berbagai hal.

Baca Juga: Mengenal Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Perguruan Tinggi Kedinasan di Bawah Kementerian Perhubungan

Pertama, Jokowi menginginkan, jajarannya berkonsentrasi terhadap kemungkinan adanya krisis di masa mendatang. Kepala Negara meminta agar para pejabat mendahulukan kepentingan masyarakat dan negara.

Kedua, Presiden meminta supaya pendapatan negara tidak terganggu utamanya pendapatan dari pajak, kepabeanan, serta pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

Ketiga, Jokowi ingin agar para pejabat pemerintah menjaga inflasi dan terus mendorong agar investasi memenuhi target. Kepala Negara juga meminta agar distribusi pupuk dapat tercapai sesuai dengan sasaran.

Baca Juga: Imbas Akun Twitter PT KAI Kena Suspend, Layanan Interaksi Dialihkan ke Sini

Keempat, Jokowi menginstruksikan agar pemerintah mengedepankan belanja barang dan modal pada produk dalam negeri dan memaksimalkan APBN dan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Kelima, Presiden Jokowi mengimbau agar para Pemerintah setempat untuk mewaspadai adanya El Nino yang memungkinkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta memicu kekeringan di sejumlah wilayah yang ada di tanah air.

Keenam, Jokowi mendorong kepada seluruh stakeholder untuk tetap menjaga kestabilan dan kondusifitas yang sebentar lagi akan memasuki tahun politik Pemilu 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat