bdadinfo.com

Menpora Dito Ajukan Manahan Solo sebagai Stadion Piala Dunia U-17, Gibran Ngaku Belum Tanda Tangan - News

ali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming dan Menpora Dito Ariotedjo (Dok. Kemenpora)

- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkapkan, bahwa salah satu stadion yang diajukan pemerintah untuk menggelar ajang Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia adalah Stadion Manahan, Solo.

Meski Pemerintah mengajukan Stadion Manahan Solo sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17, Menpora Dito mengatakan, bahwa keputusan terakhir tetap berada di FIFA sehingga otoritas tertinggi sepak bola dunia tersebutlah yang akan menentukan stadion mana yang akan digunakan.

"Manahan salah satu yang diajukan. Tentunya FIFA yang berhak melakukan assessment final dan menentukan," kata Menpora Dito, keterangan tertulis dikutip Jumat, 7 Juli 2023.

Baca Juga: Anya Geraldine Buka Lowongan Kerja! Cari Aspri Gajinya Rp30 Juta per Bulan, Buruan Catat Kualifikasinya

Selain pengajuan Manahan, Solo sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17, Menpora Dito menyampaikan, bahwa saat ini Pemerintah juga sedang merenovasi 22 stadion sebagai salah satu dukungan pemerintah dalam mengembangan keolahragaan tanah air.

Sebagaimana diketahui, Stadion manahan, Solo menjadi salah satu dari lima stadion yang sebelumnya mendapat renovasi dari Pemerintah yang sejatinya ditujukan untuk menggelar event Piala Dunia U-20.

Namun, usai FIFA memutuskan membatalkan penyelenggaraan tersebut, Stadion Manahan kini digunakan untuk laga di kompetisi lokal. Adapun berita penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, Stadion Manahan, Solo kembali menjadi pilihan Pemerintah.

Baca Juga: Inilah 5 Rekomendasi Kuliner di Kota Semarang, Ada yang Turunan Hingga Generasi Ke-4

Sementara itu, Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mengaku belum menandatangani host agreement dari FIFA untuk penyelenggaraan event Piala Dunia U-17.

Meski demikian, Gibran mengaku, bahwa ia mendukung penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan Solo. Dirinya juga menyampaikan komitmen penuh pemerintah daerah sama seperti ajang Piala Dunia U-20.

Terkait host agreement Surakarta dan kaitannya dengan pemerintah provinsi dalam hal ini Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah, Gibran menerangkan, bahwa pemerintah provinsi mendukung event tersebut digulirkan di Stadion Manahan Solo.

Gibran memastikan, bahwa hal tersebut sudah ia komunikasikan kepada Ganjar Pranowo terkait niatan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di kota Solo. Gibran yakin jika Gubernur Jawa Tengah tersebut memberikan dukungan atas hal itu.

***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat