bdadinfo.com

40 Pelaku Usaha di Pesisir Selatan Ikuti Pelatihan Pengelolaan Homestay - News

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan memberikan pelatihan kepada 40 Orang Pelaku Usaha Homestay (Kominfo Pesisir Selatan)

- Sebanyak 40 orang pengelola Homestay se Kabupaten Pessel mendapatkan pelatihan Pengelolaan homestay/pondok wisata. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga melalui dana Alokasi Khusus (DAK) 2023 selama 3 hari. Selasa - Kamis (11-13/7) di Hotel Hannah Painan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Suhendri mengungkapkan masyarakat harus selalu didorong dan dimotivasi agar bisa menjadi tuan rumah yang baik dalam mendukung kegiatan kepariwisataan didaerahnya.

Menurutnya Pemberdayaan masyarakat di Kawasan perlu selalu dilakukan ,agar seiring berkembangnya destinasi wisata maka pola dan tingkah laku masyarakat juga harus membaik dan mampu menjadi pelaku wisata andal.

Baca Juga: Beberapa Hal Penting yang Wajib Diperhatikan sebelum Melakukan Perjalanan dengan Bus

"Sekarang ini pemerintah selalu berusaha untuk melengkapi sarana dan prasarana dengan mensinergikan semua lini untuk bisa terlibat langsung dan melahirkan program program pengembangan," ujarnya.

Mengungkapkan pengembangan destinasi wisata bahari unggulan terus dilakukan. Pemkab tak henti memberikan pendampingan kepada kelompok masyarakat sebagai pelaku utama dalam pengelolaan kawasan pariwisata ini. Salah satunya adalah pembinaan bagi masyarakat pengelola homestay.

"Pemberdayaan yang dilakukan perlu diapresiasi sebab dengan diberikannya pemahaman terhadap masyarakat tentang cara pengelolaan homestay nantinya masyarakat mampu dan mengetahui jika nantinya rumah mereka dirubah menjadi homestay," ujarnya.

Baca Juga: Tips Kesehatan: Waspada! Perhatikan Makanan Ini Jika Mengalami Radang Usus

Pada pelatihan ini pengelola homestay diberikan pemahaman terkait pengelolaan homestay dan strategis pemasaran homestay mengunakan teknologi digital.

"Motivasi agar bisa menjadi tuan rumah yang baik dalam mendukung kegiatan kepariwisataan didaerah perlu dilakukan. Dorongan itu dengan cara meningkatkan kualitas lingkungan dan daya tarik wisatawan setempat melalui perwujudan sapta pesona dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang usaha pariwisata dan usaha terkait lainnya," lanjutnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat