bdadinfo.com

Mengggali Ilmu Filosofi Atap Bergonjong dari Rumah Adat Minangkabau di Desa Wisata Sarugo, Sumatera Barat - News

Jajaran Rumah Adat Minangkabau di Desa Wisata Sarugo (Indonesia.travel.id)

Rumah Gadang adalah salah satu ikon dari suku Minangkabau di Sumatera Barat dengan bentuk atap rumahnya yang khas.

Atap yang melengkung dan runcing ke atas ini disebut dengan atap gonjong. Rupanya, bentuk atap yang unik ini dibuat dengan maksud dan fungsi tertentu.

Rumah adat khas Sumatera Barat ini merancang atapnya jadi berbentuk runcing karena mempunyai fungsi agar tahan gempa.

Hal ini terbukti dari ketahanannya yang notabene wilayah Sumatera Barat menjadi langganan goncangan gempa setiap tahunnya.

Baca Juga: 5 Jenis Permainan Tradisional dari Minangkabau yang Paling Diminati Wisatawan

Atap gonjong pada mulanya diterapkan pada rumah gadang yang berada di dataran pegunungan yang tinggi.

Berkat tradisi orang Minang yang merantau ke luar daerah, atap gonjong atau runcing ini mrnjadi ikon dari suku tersebut.

Terkait maksud dan makna yang terkandung didalamnya, ternyata atap gonjong memiliki filosofi mengapa bentuk runcing itu dibuat dan dihiasi ornament yang memberi kesan penegasnya.

Ada banyak pendapat yang menyatakan artinya adalah menyerupai tanduk kerbau, haluan kapal, dan daun sirih bersusun.

Baca Juga: Bobby Nasution Targetkan Penataan Kawasan Belawan Bahari Medan Segera Rampung, Segini Biaya yang Digelontorkan

Pendapat yang menghubungkannya dengan tanduk kerbau berkiblat pada legenda asal usul kata Minangkabau dan mengapa daerah Sumatera Barat dinamai itu.

Kemudian, pendapat yang menyebut mirip seperti haluan kapal karena dihubungkan dengan kisah pendaratan Iskandar Zulkarnain, salah satu nenek moyang rakyat Minangkabau.

Terakhir, pendapat mengenai daun sirih bersusun karena daun tersebut sudah menjadi lambing budaya yang penting dan tak bisa diganggu gugat di Minangkabau.

Dari tiga pendapat ini menyimpulkan betapa kuatnya sejarah yang hanya disebarkan dengan cara lisan dan tak tertulis. Karenanya, tak ada yang benar dan tak ada yang salah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat