bdadinfo.com

Wah Jalan Tol Termegah Indonesia Ada di Sumatera Barat, Punya Banyak Terowongan Super - News

Jalan tol termegah Indonesia lokasinya ada di Sumatera Barat  (BPJT)

- Sudah banyak versi ya deretan jalan tol terindah di Indonesia, kamu bisa saja punya versi jalan tol terindah di Indonesia ini.

Nah bagaimana kalau jalan tol termegah Indonesia, apakah kamu punya versi. Tahu nggak lokasi jalan tol termegah ini di mana. 

Ternyata nih, lokasi jalan tol termegah di Indonesia ini ada di Sumatera Barat. Wah kayak apa ya, penasaran kan. Yuk simak yuk selengkapnya.

Baca Juga: Berkat Jepang, Terowongan Termegah Asia Tenggara Tol Payakumbuh Pangkalan yang Sempat Mangkrak akan Dilanjut

Jadi ada pejabat yang bilang jalan tol seksi Payakumbuh Pangkalan adalah jalan tol termegah Indonesia. Alasannya apa coba.

Jadi seksi ruas tol Padang Pekanbaru ini dilabeli sebagai jalan tol termegah Indonesia karena proses konstruksinya yang wow banget. Gimana enggak, proses konstruksinya menembus perbukitan Bukit Barisan dan banyak terowongan megah lho.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lima Puluh Kota, Rilza Hanif yang mengatakan ruas tol seksi Payakumbuh Pangkalan adalah jalan tol termegah Indonesia.

Baca Juga: Mulai Pekan Depan, Dispangtan Padang Panjang akan Gelar Vaksinasi Massal HPR

"Jika ini jadi (seksi Payakumbuh Pangkalan) merupakan jalan tol dengan konstruksi termegah di Asia Tenggara, karena melewati topografi perbukitan dan melalui tiga buah terowongan,” terangnya dalam rilis dikutip dari laman Pemkab Lima Puluh Kota, Rabu 19 Juli 2023.

Dia menjelaskan total panjang ruas Paket 1, Paket 2 dan Paket 3 di ruas tol Payakumbuh-Pangkalan tak kurang 46 kilometer.

Rilza mengatakan untuk prioritas pekerjaan, pelaksanaan kontruksi pada Paket 2 dan Paket 3 antara Sarilamak-Pangkalan sepanjang 41 Km yang bakal melalui tiga terowongan.

Baca Juga: Deretan Tugu Equator di Sumatera Barat : Ada di Kabupaten Lima Puluh Kota dan Pasaman Barat

Nah tiga terowongan ini akan menembus perut perbukitan Bukit Barisan yang total panjangnya hampir mencapai 9 kilometer lho.

Konstruksi jalan tol seksi Payakumbuh Pangkalan ini mendapat sokongan bantuan dana dari Badan Kerjasama Pemerintah Jepang atau Japan Internasional Cooperation Agency (JICA). Ruas seksi ini sebelumnya mandeg pembangunannya selama 4 tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat