bdadinfo.com

Selain Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Negara Ini Miiliki Terowongan Menembus Gunung, Bahkan Terpanjang di Dunia! - News

Lærdal Tunnel, Terowongan Menembus Gunung Terpanjang di Dunia.  (Geo Tech)

- Teknologi yang semakin canggih membuat konstruksi dalam membangun sarana transportasi semakin mudah, termasuk dalam membuat terowongan yang menembus gunung.

Kini, sudah semakin banyak sarana transportasi yang memiliki terowongan menembus gunung agar dapat memudahkan aksesibilitas masyarakat.

Terakhir, Tol Padang Pekanbaru di Sumatera Barat juga memakai teknologi yang sama, bahkan diklaim akan menjadi yang terpanjang di Indonesia dimana terowongan tersebut akan menembus Bukit Barisan.

Baca Juga: Pesepak Bola Asnawi Ungkap Kesulitan Cari Makanan Halal saat Bertanding di Luar Negeri

Walaupun begitu, sebenarnya sudah banyak negara yang memanfaatkan teknologi tersebut, bahkan ada yang terpanjang di dunia.

Negara yang memiliki terowongan terpanjang di dunia tersebut adalah Norwegia.

Bernama Lærdal Tunnel, Terowongan ini memiliki panjang hingga 24,5 Km yang menghubungan Aurland dan Lærdal di wilayah Vestland, Norwegia.

Baca Juga: Kolaborasi Hino Indonesia dan YKAN Perkuat Industri Budidaya Rumput Laut di Desa Tesabela NTT

Terowongan ini memiliki panjang sekitar 24,51 kilometer (15,23 mil) dan terletak sekitar 117-142 kilometer (73-88 mil) di sebelah timur laut Bergen.

Dibuka pada tahun tertentu (informasi tahun dapat ditambahkan jika diketahui), terowongan ini menawarkan dua jalur untuk Rute Eropa E16, yang merupakan jalur utama antara Oslo dan Bergen.

Terowongan Lærdal merupakan penghubung terakhir yang memungkinkan perjalanan mobil antara kedua kota tersebut tanpa perlu menggunakan feri atau melewati jalur gunung yang sulit dilalui selama musim dingin.

Baca Juga: Gak Nyangka! Inilah 5 Daerah Penghasil Orang Pintar di Sumatera Utara,Siapa ya Nomor 1 ?

Pada tahun 1975, Parlemen Norwegia memutuskan untuk menetapkan jalur utama antara Oslo dan Bergen melalui Filefjell.

Pada tahun 1992, keputusan ini dikonfirmasi oleh Parlemen, dengan tambahan persyaratan bahwa jalan tersebut harus melewati terowongan antara Lærdal dan Aurland.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Parlemen juga mengesahkan undang-undang yang memungkinkan pembangunan terowongan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat