bdadinfo.com

Kenang Gugurnya Bagindo Aziz Chan, Wali Kota Padang Gelar Upacara Tabur Bunga di Bukittinggi - News

Wali Kota Padang, Hendri Septa gelar tabur bunga di Makam Bagindo Aziz Chan, Wali Kota Padang yang tewas ditembak penjajah (Harianhaluan.com/Vesco)

- Wali Kota Padang, Hendri Septa, dan seluruh jajaran pemerintah kota bersukacita dalam upacara peringatan 76 tahun gugurnya pahlawan nasional, Bagindo Aziz Chan, Rabu 19 Juli 2023.

Dalam acara khidmat tersebut, puluhan warga Padang, termasuk keluarga besar pahlawan, berbondong-bondong mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Bukittinggi untuk melayat di makam sang tokoh yang begitu dihormati.

"Alhamdulillah saya senang sekali, setelah upacara peringatan 76 thun gugurnya pahlawan nasional Bagindo Aziz Chan, kami beserta seluruh jajaran dan terutama sekali keluarga besar berbondong-bondong ke Bukittinggi untuk melayat ke kuburannya bapak bagondo aziz chan di taman makam pahlawan bukittinggi," ujarnya.

Baca Juga: 76 Tahun Gugur Sebagai Patriot, Tinju Bagindo Aziz Chat Tetap Terkepal di Padang

Sebagai Wali Kota yang menjabat saat ini Hendri Septa bertekat bahwa kegiatan serupa akan terus dilaksanakan demi mengenang perjuangan sang tokoh bangsa.

"Ini sesuatu hal yang akan selalu Pemerintah Kota Padang dan masyarakat Kota Padang tidak akan pernah lupakan, apa yang pernah dilakukan bagindo aziz chan waktu menjabat Wali Kota Padang," tuturnya.

Hendri Septa, dengan tulus, mengungkapkan kebanggaannya atas dedikasi dan pengorbanan Bagindo Aziz Chan saat menjabat sebagai Wali Kota Padang.

"Ini adalah sesuatu yang tidak akan pernah dilupakan oleh pemerintah kota Padang dan masyarakatnya. Bagindo Aziz Chan mengorbankan dirinya untuk mempertahankan kemerdekaan dan harga diri kota Padang yang pada waktu itu akan diinjak-injak oleh Belanda," ucap Hendri.

Baca Juga: 76 Tahun Wafatnya Bagindo Aziz Chan: Langkahi Dulu Mayatku, Baru Kota Padang Kuserahkan

Bagindo Aziz Chan dikenal sebagai sosok inspiratif dengan slogan yang menggema, 'Langkahi dulu mayatku, sebelum kota Padang kuserahkan'.

Slogan tersebut mencerminkan semangat juangnya dalam melindungi kehormatan dan kemajuan kota tercintanya.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota berpesan kepada generasi muda untuk mengambil contoh dari pahlawan sejati seperti Bagindo Aziz Chan.

"Sebagaimana pernah dikatakan oleh Presiden Soekarno, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya," tegas Hendri.

Upacara peringatan ini menjadi momen bersejarah bagi warga Padang, di mana semangat nasionalisme dan cinta tanah air begitu terasa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat