bdadinfo.com

Fadly Amran Pejabat Paling Tajir Melintir Ketiga se-Indonesia, Ternyata dari Sini Sumbernya... - News

Fadly Amran Pejabat Paling Tajir Melintir Ketiga se-Indonesia di Pilkada 2018, Ternyata dari Sini Sumbernya...

- Siapa yang tidak mengenal H. Fadly Amran, B.B.A gelar Datuak Panduko Malano (lahir 9 Februari 1988) adalah seorang pengusaha dan politikus Indonesia dari Partai NasDem yang menjabat sebagai Wali Kota Padang Panjang sejak 9 Oktober 2018 setelah memenangkan Pemilihan umum Wali Kota Padang Panjang 2018.

Berasal dari keluarga pengusaha, Fadly mengambil kuliah bisnis di Universitas Seattle, Amerika Serikat. Bisnis keluarganya meliputi rumah sakit, sekolah, dan universitas di bawah Yayasan Pendidikan Baiturrahmah. Fadly sendiri menjalankan usaha di bidang olahraga dan kebugaran di Kota Padang.

Memiliki kekayaan sebanyak Rp77,9 miliar, Fadly tercatat sebagai kandidat dengan kekayaan terbanyak ketiga se-Indonesia dalam Pilkada Serentak 2018. Ia terpilih sebagai pemenang mengalahkan wali kota petahana, Hendri Arnis dengan selisih 853 suara.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Sunda Kelas 6 Semester 1 Halaman 13 Latihan 1: Dimana Ma Indeung Manggih Anak Peucang?

Fadly Amran dilahirkan di Padang, Sumatra Barat pada 9 Februari 1988. Ia merupakan anak kedua dari tujuh bersaudara.

Ayahnya, H. Amran (1929–2021), adalah pengusaha Muhammadiyah yang mendirikan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah dan Rumah Sakit Siti Rahmah. Ibunya, Hj. Maizarnis, adalah istri keempat ayahnya.

Fadly menghabiskan masa kecil hingga remaja di Padang. Ia mengenyam pendidikan di TK Baiturrahmah Padang (1992–1993), SD Baiturrahmah Padang (1993–1999), SMP Negeri 2 Padang (1999–2002), dan Jurusan IPA SMA Negeri 1 Padang (2002–2005).

Baca Juga: Profil Mayjen TNI Mochammad Hasan, Jenderal Bintang 2 yang jadi Pangdam I Bukit Barisan Baru Kelahiran Lampung

Saat lulus SMA, terjadi perdebatan antara Fadly dan ayahnya. Ayahnya mendorong anak-anaknya semuanya untuk menjadi seorang dokter, karena kakak-kakaknya semuanya dokter. Ayahnya menyuruhnya untuk mengambil kuliah kedokteran di Jakarta.

Akan tetapi, Fadly tetap keras dengan pendirian untuk berangkat ke Amerika untuk mengambil kuliah bisnis. Dengan berat hati, ia meninggalkan ayahnya dalam keadaan sakit dan melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat.

Fadly Amran Pejabat Paling Tajir Melintir Ketiga se-Indonesia, Ternyata dari Sini Sumbernya...
Fadly Amran Pejabat Paling Tajir Melintir Ketiga se-Indonesia, Ternyata dari Sini Sumbernya...

Fadly meraih gelar Associate of Arts and Science (A.A.S.) dari Shoreline Community College (2005–2007). Ia melanjutkan mengambil jurusan Finance dan meraih gelar Bachelor of Arts in Bussiness Administration (B.B.A.) dari Universitas Seattle, Seattle pada tahun 2009. Ia menjadi External Legislativer di Persatuan Mahasiswa Indonesia Amerika Serikat (Permias) pada 2007—2009.

Setamat kuliah, pada 2009, Fadly memulai membuka usaha warung internet. Ia bergabung dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Padang menjadi sekretaris umum periode 2009–2012.

Baca Juga: Deretan Bupati Kaya Raya di Daerah Termiskin Provinsi Sumatera Barat, Hartanya Capai Puluhan Miliar!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat