bdadinfo.com

Deretan Provinsi di Indonesia Paling Aman dari Ancaman Gempa Bumi, 5 Diantaranya ada di Sumatera - News

Peta Zonasi Gempa Indonesia. (PuslitbangkimPU)

- Sebagai negara yang sering dilanda gempa bumi, puluhan bahkan ratusan getaran yang mengguncang telah berbagai wilayah di Tanah Air sejak Januari 2023 hingga kini.

Gempa bumi di Indonesia cukup merata mulai dari Aceh, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat Jawa Timur, Bali, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku hingga Papua.

Intensitas gempa bumi yang sering terjadi di berbagai wilayah disebabkan oleh tiga lempeng bumi yang melewati Indonesia, yaitu Lempang Pasifik, Lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia.

Oleh karena pergeseran ketiga lempeng tersebut, gempa bumi kerap terjadi di berbagai wilayah di Tanah Air.

Baca Juga: Pesona Lubuk Minturun di Kota Padang, Pemandian Favorit Nona Belanda Zaman Dulu

Ditambah lagi, Indonesia juga merupakan bagian dari Ring of Fire alias Cincin Api Pasifik.

Meski demikian, tidak semua wilayah di Indonesia rawan terjadi gempa bumi. Masih ada beberapa wilayah dengan potensi terjadi gempa bumi yang tergolong rendah.

Sebabnya adalah wilayah tersebut tidak dilalui oleh lempeng, sesar atau patahan aktif.

Lantas, di mana sajakah provinsi yang tergolong terbilang aman dari guncangan gempa bumi? Berikut adalah daftar provinsi yang paling aman dari guncangan gempa bumi.

Baca Juga: Manabang Batang Pisang, Prosesi Kedua di Festival Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023

12. Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan terbilang lebih aman dari guncangan gempa dalam skala yang besar dibandingkan tetangganya, seperti Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

Namun, masih ada beberapa daerah beberapa daerah di Sulawesi Selatan yang kerap dilanda gempa, seperti di wilayah utara di Kabupaten Luwu Utara dan Luwu Timur.

Sedangkan, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan, yakni Makassar tergolong lebih aman dengan tingkat kerawanan gempa yang termasuk cukup rendah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat