bdadinfo.com

Aceh dan Sumatera Utara Kompak Bangun Stadion Bertaraf Internasional dengan Anggaran Kurang dari Rp2 T - News

Ilustrasi stadion bertaraf internasional Aceh dan Sumut   (youtube Stadium Infrastructure)





- Stadion bertaraf Internasional akan segera dibangun di Aceh dan Sumatera Utara dengan menelan biaya yang fantastis.

Provinsi Sumatera Utara dan Aceh sama-sama akan membangun stadion bertaraf Internasional jelang perhelatan akbar nasional yaitu Pekan Olahraga Nasional atau PON Aceh-Sumut tahun 2024.

Stadion tersebut juga akan menjadi tempat digelar pembukaan ajang empat tahunan itu diarahkan juga agar sesuai dengan standar FIFA tentunya.

Rencananya stadion utama Aceh akan digunakan untuk sesi pembukaan PON Aceh-Sumut 2024, sementara stadion Sumatera Utara akan digunakan sebagai lokasi penutupannya.

Baca Juga: Manabang Batang Pisang, Prosesi Kedua di Festival Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023

Adapun anggaran yang digelontorkan untuk membuat stadion utama bertaraf Internasional yang akan dibangun di Aceh mencapai Rp1,8 triliun.

Sementara tak jauh berbeda dengan Aceh, stadion utama Sumatera Utara juga disebut membutuhkan dana sekitar Rp1,7 triliun.

Diketahui pihak Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh sudah melakukan peninjauan lapangan secara langsung terhadap titik pembangunan stadion utama yang digunakan dalam kegiatan Pekan Olahraga Nasional Aceh-Sumut tahun 2024.

Ada 13 venue baru yang sedang dipersiapkan termasuk Gedung Wisma atlet di dalamnya.

Baca Juga: Kabupaten Pesisir Selatan Terima Penghargaan KPAI Tahun 2023 untuk Kategori SIMEP

PJ Gubernur Aceh baru saja menandatangani surat keputusan Gubernur Aceh tentang penetapan venue cabang olahraga PON wilayah Aceh dimana terdapat 33 venue yang ditetapkan.

 Nantinya secara keseluruhan venue olahraga PON ini tersebar di beberapa kabupaten kota seperti Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Bener Meriah, hingga Aceh Tengah.

Sementara itu di sisi lain, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyebut persiapan PON Sumatera Utara sudah mencapai 44% per awal Juli 2023.

Stadion utama yang akan dipakai dalam ajang PON Aceh-Sumut 2024 masih dalam tahap tender dan akan selesai pada Juni 2024 jika sesuai target.

Sementara itu, untuk stadion atletik yang nantinya akan digunakan untuk badminton, atletik, martial art, dan lainnya sudah harus selesai di tahun ini.

Untuk jadwal penyelenggaran PON Aceh-Sumut 2024 ini juga masih sama dan belum adanya perubahan jadwal.

Hl ini terkait dengan isu batalnya PON 20224, sementara pelaksanaan PON Aceh-Sumut 2024 akan tetap dilaksanakan pada September 2024 nanti jika tidak ada perubahan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat