bdadinfo.com

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Hits dan Wajib Dikunjungi di Sabang Provinsi Aceh - News

Rekomendasi Tempat Wisata Hits dan Wajib untuk Dikunjungi Yang Ada di Sabang (IST)



 

- Sabang atau lebih dikenal sebagai Pulau Weh adalah salah satu kota di provinsi Aceh berupa kepulauan yang terletak di wilayah paling barat Indonesia.

Sebagai kota Seribu Benteng dengan luas wilayah 122 kilometer persegi, Sabang, Provinsi Aceh juga memiliki berbagai daya tarik wisata alam yang menjadi tujuan primadona tempat wisata Indonesia.

Tempat wisata yang ada di Sabang, Provinsi Aceh pun selalu terus berkembang dan dikenal oleh dunia. Pariwisata yang ada pun ada dari berbagai aspek.

Mulai dari keindahan baharinya yang eksotis hingga sejumlah objek-objek wisata yang tersebar di Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Baca Juga: Hotel Murah di Bukittinggi, Royal Denai Hotel Sangat Dekat Danau Singkarak

Inilah 10 daftar rekomendasi tempat wisata hits yang ada di Sabang, Provinsi Aceh dan wajib untuk dikunjungi.

1.       Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer adalah simbol dari titik nol kilometer wilayah Indonesia paling barat. Dan menjadi perekat Nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Tugu Nol Kilometer diresmikan pada tanggal 9 September 1997. Dan ketinggiannya mencapai 43 meter.

Monument Tugu Nol Kilometer memiliki empat pilar penyangga yang saling bersilangan. Dan di bagian lingkaran yang ada terdapat hiasan berupa rencong yang ukurannya pun cukup besar.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Pembangunan Gendung Taman Budaya Sumbar Segera Masuk Tahap Dua

Dan pada puncak paling atas monuman Tugu Nol Kilometer tersebut terdapat sebuah patung burung garuda.

Monument Tugu Nol Kilometer ini memiliki posisi yang strategis karena dikelilingi oleh panorama alam yang indah. Seperti hamparan laut Samudra Hindia.

2.       Pulau Rondo

Pulau Rondo adalah pulau yang berada di paling luar Indonesia di sisi barat dan utara yang lokasinya di Laut Andaman dan berbatasan dengan Kepulauan Nikobar, India.

Pulau Rondo yang sebetulnya merupakan titik nol kilometer Indonesia. Namun karena untuk menuju ke pulau ini cukup sulit. Jadilah monumen titik nol kilometer dipindah ke Kota Sabang.

Pulau Rondo juga merupakan jalur pelayaran internasional sehingga dijaga ketat secara bergilir oleh para anggota TNI karena untuk mengamankan perbatasan negara.

Pulau Rondo bukanlah pulau untuk berwisata oleh wisatawan umum walaupun disini terdapat banyak keindahan laut dan biota laut yang indah.

Hanya penyelam yang bersertifikat resmilah yang diizinkan untuk menyelam di Pulau Rondo ini.

3.       Pulau Rubiah

Pulau Rubiah merupakan pulau yang tak ada penduduk penghuninya. Si Garden of Nubia adalah nama lain dari pulau ini.

Pulau Rubiah memiliki panorama bawah laut yang sangat indah sehingga diving maupun snorkeling menjadi aktivitas utama ketika wisatawan mengunjungi pulau ini.

Wisatawan juga dapat berkeliling menggunakan perahu kaca untuk menikmati keindahan pemandangan bawah laut walau tanpa menyelam.

Aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan selain menikmati pemandangan bawah laut ialah mengunjung tempat karantina haji pertama di Indonesia dan berziarah ke makam Siti Rubiah.

4.       Pantai Iboih

Pantai Iboih mempunyai hamparan pasir putih dan perairan yang dangkal, jernih, dan airnya bergradasi warna biru laut.

Pada Pantai Iboih mempunyai pemandangan bawah laut yang sangat sempurna. Wisatawan dapat melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan berbagai biota laut.

Namun jika wisatawan tidak ingin basah-basahan atau tidak dapat berenang tetap dapat menikmati keindahan bawah laut menggunakan perahu yang memiliki kaca bening pada bagian bawahnya.

5.       Air Terjun Pria Laot

Air terjun Pria Laot adalah air terjun satu-satunya yang ada di Sabang dengan pemandangan alami dan tersembunyi di dalam hutan tropis.

Airnya berhulu di sarung keris dan sebagian bersumber dari Danau Anak Laot. Kolam air terjun ini sekitar 10 meter persegi dan memiliki kedalaman 1-1.5 meter. Ketinggian air terjun ini sekitar 15 meter dengan aliran air yang tidak deras.

6.       Gua Sarang

Gua Sarang lokasinya terletak di kaki tebing dan perbukitan hutan lindung Pulau Weh dan berbatasan dengan Samudra Hindia. Pada gua Sarang ada tujuh gua yang berdiri kokoh dengan pemandangan yang eksotis.

7.       Gunung Berapi Jaboi

Gunung berapi Jaboi berada di ketinggian 100-200 meter di atas permukaan laut. Gunung ini masih berstatus aktif dengan 4 kawah utama.

8.       Pantai Gapang

Asal usul nama dari Pantai Gapang adalah dari banyaknya pohon gapang yang ada di sekitar tepi pantai.

Pemandangan yang dapat dinikmati oleh wisatawan adalah hamparan pasir putih, pantai dengan laut lepas, air laut yang jernih dan bergradasi dengan warna biru.

Selain itu wisatawan juga dapat menikmati keindahan panorama bawah lautnya dengan snorkeling maupun diving.

Baca Juga: Bupati Tanah Datar Eka Putra Terima Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Madya dari Menperin RI

9.       Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam atau Si Hitam Manis adalah pantai wisata di Sabang yang paling unik karena mempunya pasir yang berwarna hitam.

Pantai Anoi Itam masuk dalam kategori pantai tercantik yang ada di Indonesia versi majalah Garuda Indonesia.

Selain menikmati panorama alam di pantai. Wisatawan juga dapat mengunjungi benteng peninggalan masa penjajahan Jepang.

Benteng ini menyerupai tapal kuda 1.5 meter yang menghadap ke laut. Setengah dari bangunannya terletak di bawah tanah dan dilengkapi oleh Meriam yang memiliki panjang 3 meter.

10.   Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga mempunyai garis pantai terpanjang yang ada di kawasan Sabang. Keunikan yang ada di pantai ini adalah adanya tiga sumur yang didalamnya berisi air tawar. Padahal posisi tiga sumur tersebut dekat dengan air laut.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat