bdadinfo.com

Daftar Provinsi Sumatera dengan UMP Terendah Hingga Tertinggi Tahun 2023,Segini Besarannya - News

Daftar Provinsi Sumatera Dengan UMP Terendah Hingga Tertinggi Tahun 2023. Segini Besarannya!/Pixabay

- Upah menjadi komponen penting dalam pembentukan masyarakat yang sejahtera di suatu daerah. Tinggi rendahnya upah bisa dipastikan akan menentukan seberapa baik taraf hidup seseorang.

Di Indonesia, ada beberapa kategori upah yang diatur oleh undang-undang, yaitu UMP atau Upah Minimum Provinsi dan UMK atau Upah Minimum Kabupaten. Namun begitu, besaran UMP atau UMK di setiap provinsi dan kabupaten berbeda-beda.

Misalnya antara provinsi-provinsi yang ada di pulau Sumatera, di mana besaran UMP-nya tidaklah sama antara satu provinsi dengan provinsi lainnya. Ada yang lebih tinggi dan ada juga yang memiliki UMP rendah.

Baca Juga: Tantangan Lain Pembangunan Tol Padang Sicincin: Kondisi Tanah Lunak karena Bekas Rawa-Rawa

Namun secara umum, biasanya UMP tiap tahun akan naik dengan tingkat kenaikan yang beragam di tiap provinsi tergantung keputusan pemprov.

Penentuan besar UMP sendiri juga tidak asal dilakukan, ada faktor yang dipertimbangkan seperti KHL atau Komponen Layak Hidup, inflasi, dan kebijakan pemerintah. Peran dari serikat pekerja juga bisa sangat menentukan besaran UMP yang akan ditetapkan.

Kali ini, akan diinformasikan terkait provinsi-provinsi di Sumatera yang memiliki UMP dari terendah hingga tertinggi di tahun 2023.

Baca Juga: Mengenal Tari Saman, Tradisi Kesenian Khas Aceh Yang Jadi Warisan Budaya Dunia UNESCO

1. Bengkulu

Pada tahun 2023 ini, pemerintah Provinsi Bengkulu telah menaikkan UMP sebesar 8,1 persen dari yang awalnya Rp2,2 juta menjadi Rp2,4 juta. Naik sekitar Rp180 ribu.

2. Lampung

Besaran UMP di Lampung tahun 2023 ini adalah sebesar Rp2,6 juta. Tahun sebelumnya, Lampung hanya menetapkan UMP ada di besaran Rp2,4 juta.

3. Sumatera Utara

UMP Sumatera Utara tahun 2023 adalah sebesar Rp2,7 juta. Naik 7,45 persen atau Rp187.883 dari tahun sebelumnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat