bdadinfo.com

Mengulas Nagari Pariangan, Salah Satu Desa Terbaik di Sumatera Barat yang Mendapat Pengakuan dari UNESCO - News

Nagari Pariangan, Salah Satu Desa Terbaik di Sumatera Barat yang Mendapat Pengakuan dari UNESCO/Tripadvesor


Sumatera Barat adalah satu satu provinsi di Indonesia yang memiliki beberapa tempat wisata terkenal seperti Jam Gadang, Ngarai Sianok dan Gunung Kerinci.

Namun selain dari beberapa nama tempat wisata yang paling banyak diminati oleh Wisatawan Lokal maupun Mancanegara, ada satu tempat penting sehingga tidak boleh diabaikan selama menikmati daerah Sumatera Barat yaitu Nagari Pariangan.

Nagari Pariangan adalah salah satu daerah yang berlokasi di kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, memiliki tempat wisata yang patut dikunjungi baik Wisatawan lokal maupun Mancanegara.

 Baca Juga: Pembatalan Penerbangan Tak Halangi Petinggi Bayern Munich Bertemu Daniel Levy Bahas Transfer Harry Kane

Seperti Panorama hijau, Prasasti Pariangan, Masjid Tuo, Rumah Gadang dan Pemandian air panas, menjadi salah satu tempat wisata yang paling utama dan ingin sekali dikunjungi saat berada di Nagari Pariangan.

Untuk mencapai Nagari Pariangan bisa ditempuh kendaraan mobil maupun motor sekitar tiga jam perjalanan dari Kota Padang, lokasi tersebut berada sekitar 14 km dari Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar.

Pariangan juga merupakan sebagai desa tertua tempat nenek moyang dan peradaban mereka bermula. Hal tersebut dapat tertuang dalam pepatah kuno “dari mano dating titiak palito, dari telong nan Batali. Dari mano asa nenek moyang kito, dari puncak gunuang Marapi.”

 Baca Juga: Superles, Bimbel Pertama dengan Metode Artificial Intelligence Kini Hadir di Kota Padang

Dibalik itu semua, ternyata Nagari Pariangan saat ini sudah diakui menjadi warisan dunia versi UNESCO (United Nations Educational of Scientific and Cultural) sebuah Organisasi Internasional yang bergerak pada bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

Kebetulan desa ini dipilih oleh Travel Budget, salah satu media pariwisata yang memiliki pengaruh di dunia Internasional, karena Nagari Pariangan dianggap sebagai Desa terindah di dunia.

Bahkan karena keindahan alam yang menakjubkan dan memiliki warisan leluhur yang masih terjaga apik hingga saat ini, membuat Nagari Pariangan menjadi sorotan utama di seluruh dunia.

 Baca Juga: Gara-Gara Adidas Greenwood Bisa Main Lagi di MU?

Karena sudah diakui oleh seluruh dunia Internasional, maka Desa Nagari Pariangan disandingkan dengan desa – desa lain yang termasuk dalam kelompok terindah di dunia versi majalah Travel Budget seperti Desa Wengen (Swiss), Desa Eze (Prancis), Danau Niagara (Kanada) dan Český Krumlov (Republik Ceko)

Selain diakui oleh Majalah Internasional, Nagari Pariangan juga memiliki reputasi yang tinggi dengan mendapat pengakuan berupa UNESCO Intangible Cultural Heritage of Humanity pada tahun 2009.

Karena dipilih menjadi destinasi Wisata baik Lokal maupun Mancanegara, tempat ini menjadi saksi penting seperti pada acara pelaksanaan Tour de Singkarak yaitu event balap sepeda internasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat