bdadinfo.com

Baru Diresmikan 2023, Pura Penataran Agung Pangkal Pinang Jadi Simbol Keberagaman Umat Beragama - News

Pura Penataran Agung Pangkal Pinang.  (dok. Tripadvisor)

Dibangun pada 2009, Pura Penataran Agung di Pangkal Pinang bakal segera diresmikan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

Pejabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu, mengatakan, peresmian Pura Penataran Agung Pangkal Pinang ini sekaligus simbol keberagaman umat beragama di wilayahnya.

Pura Penataran Agung tersebut berlokasi di daerah Tanjung Bunga Pangkal Pinang. Rencananya, tempat ibadah umat Agama Hindu ini bakal diresmikan pada 25 November 2023 mendatang.

Baca Juga: Hanya Mempunyai Kas Puluhan Juta, Inilah Wali Kota Termiskin di Sumatera Utara Menurut LHKPN

Pj Gubernur Bangka Belitung, Suganda, berharap dengan diresmikannya Pura Penataran Agung di Pangkal Pinang ini membuat umat Hindu bisa beribadah semakin khidmad.

Hal tersebut ia sampaikan saat menerima audiensi Pembimbing Masyarakat Hindu (Pembimas Hindu) Kepulauan Babel, di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

“Pembangunan Pura ini, sudah dirancang sejak tahun 2009, sehingga merupakan momen yang tepat untuk diresmikan pada tanggal 25 November 2023 mendatang. Dengan berdirinya tempat ibadah ini, semoga umat Hindu di Kepulauan Babel, bisa menjalankan ibadahnya dengan semakin lebih baik lagi,” kata Suganda, dilansir dari laman resmi Pemprov Bangka Bleitung, Selasa, 1 Agustus 2023.

Baca Juga: Deretan Para Sultan Asal Sumatera Barat, Kaya Raya dan Jadi Pengusaha Sukses Ternama di Ibukota Jakarta

Persemian Pura Penataran Agung Pangkal Pinang ini sekaligus dalam rangka menyambut hari raya umat Hindu, yakni Galungan dan Kuningan.

Pembimas Hindu Kepulauan Babel, I Nengah Wiardiasa, mengundang Pj Gubernur Bangka Belitung tersebut untuk menghadiri hari raya Umat Hindu serta menandatangani prasasti simbol peresmian pura.

"Rencananya, Pura Penataran Agung ini akan diresmikan pada tanggal 25 November 2023 nanti. Mengingat pentingnya momen ini, kami pada kesempatan ini, mengundang bapak untuk hadir dan menandatangani prasasti saat peresmian pura nanti,” kata I Nengah Wiardiasa.

Baca Juga: Sempat Hilang, Jenazah Mahasiswa UIN Bukittinggi Ditemukan Tak Bernyawa di Danau Maninjau

Ia juga menjelaskan, Umat Hindu di Bangka Belitung tergolong sedikit. Peresmian Pura Penataran Agung ini membuat para pemeluk Hindu di sana merasa nyaman.

Selain itu, kehadiran pemerintah Provinsi Bangka Belitung di acara peresmian tersebut mendorong semangat kebersamaan umat beragama.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat