bdadinfo.com

Jalan Tol Trans Sumatera Sebentar Lagi akan Ditinggalkan Jokowi, Bagaimana Nasib Tol di Sumatera Barat Ya? - News

Jalan Tol Trans Sumatra Sebentar Lagi akan Ditinggalkan Jokowi, Bagaimana Nasib Tol di Sumatera Barat Ya?

 


- Di akhir ke pemerintahan presiden Jokowi proyek pembangunan jalan tol di Sumatera Kian di kebun Bagaimanakah progres pembangunan jalan tol Trans Sumatera.

Pembangunan jalan tol Trans Sumatera telah dimulai pembangunannya sejak 2015 yang lalu sampai Juli 2023 Kementerian PUPR mencatat sudah ada 6 ruas tol.

Yang beroperasi dan menyisakan 7 ruas tol lagi dalam proses pembangunan total panjang 6 ruas tol yang sudah beroperasi mencapai 596 KM sementara 7 ruas tol yang sedang berada di tahap konstruksinya sepanjang 361 km.

Baca Juga: Membelah Sungai Musi, Jembatan Tol Kapal Betung Dibangun dengan Cara Khusus: Luar Biasa Canggih!

Pihak Kementerian PUPR mencatat keseluruhan jalan tol Trans Sumatera memiliki panjan 2749 KM dengan 24 ruas tol terdiri dari koridor Utama Sepanjan 1889 KM dan koridor pendukung sepanjang 860 km.

Hutama Karya selaku BUMN yang ditunjuk pemerintah untuk membangun jalan tol Trans Sumatera merincikan bahwa sebanyak 7 ruas sepanjang 361 KM kini dalam tahap konstruksi yakni ruas tol Indrapura kisaran sepanjang 48 KM dengan progres 85,5%.

Lalu ada ruas Kuala Tanjung Tebing Tinggi sepanjang 93 KM dengan progres 84,26 persen kemudian ruas Simpang Indralaya Prabumulih sepanjang 64 KM yang saat ini sudah tuntas dan sebentar lagi beroperasional penuh.

Baca Juga: Diwarnai Dugaan Korupsi, Kondisi Jalan Tol Padang Sicincin Kini Jadi Tempat Kumpul Remaja Sumbar

Setelah itu ada ruas tol Bangkinang Koto Kampar sepanjang 24 KM dengan progres 74,8% ada juga seksi Padang Si Cincin sepanjang 37 KM dengan progres 32,6% dan juga Binjai Pangkalan Brandan sepanjang 58 KM dengan progres 79,9%.

Kemudian tol Sigi Banda Aceh menyisakan satu seksi lagi yang masih konstruksi yakni Padang PJ selimum sepanjang 24,68 KM dengan progres 63%

Sementara itu untuk jalan tol Trans Sumatera yang dibangun oleh Waskita Sriwijaya tol yaitu ruas tol Kayu Agung Palembang Betung sepanjang 111,6 KM saat ini progresnya telah mencapai 60%

Khusus akses gerbang tol Sungai Rengas Musi Landas menuju Pangkalan Balai sepanjang 31 KM sudah mencapai 90% pembangunan jalan tol ini sedikit terkendala karena adanya pembangunan Jembatan Sungai Musi lima yang butuh penanganan lebih.

Saat ini Pemerintah juga Tengah menggesa pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Provinsi Jambi dengan Sumatera Selatan proyek pembangunan jalan tol di provinsi Jambi.

Saat ini masuk tahap Land clearing proyek pembangunan jalan tol Baim Lencir tempino seksi 3 yang membentang sepanjang 15,47 KM dikerjakan oleh PT Hutama Karya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat