bdadinfo.com

Daftar Pejabat Asal Lampung yang Pernah Duduki Jabatan Penting di Indonesia: Ada yang di Era Orde Baru - News

Sosok H. Alamsyah Ratu Perwira Negara (kiri) dan Bagir Manan (kanan). (Kolase dari STEKOM)

- Tahukah kamu ada sejumlah pejabat berdarah Lampung yang pernah duduki sejumlah jabatan penting di Indonesia? Salah satunya bahkan pernah menjadi Menteri Agama di era orde baru loh.

Tidak hanya Menteri Agama saja, sejumlah pejabat berdarah Lampung ini juga pernah menduduki jabatan sebagai Menko Ekonomi, Mensesneg, Menko Kesra, Menteri BUMN, Menteri Kesehatan hingga Ketua Mahkamah Agung.

Nah bagi kamu yang penasaran, berikut rangkumkan deretan pejabat berdarah Lampung yang pernah duduki jabatan penting di Indonesia:

Baca Juga: Harga Bekas Motor Honda BeAt di Padang Segini, Lebih Murah dari Jakarta

  1. Farid Anfasa Moeloek

Farid Anfasa Moeloek merupakan eks Menteri Kesehatan di Kabinet Reformasi Pembangunan pada era pemerintahan Presiden B. J. Habibie.

Ia menjabat sebagai Menteri Kesehatan mulai 23 Mei 1998 sampai dengan 20 Oktober 1999.

Farid Moeloek lahir di Liwa Lampung Barat, Provinsi Lampung pada tanggal 28 Juni 1944 dari pasangan suami istri Abdul Moeloek dan Poeti Alam Naisjah.

Ayahnya yakni Abdul Moeloek diketahui berasal dari Padang Panjang, Sumatera Barat. Sehingga meskipun Farid Anfasa asli lahir di Lampung, tapi ia punya darah keturunan Minang yang berasal dari ayahnya.

Abdul Moeloek diketahui merupakan dokter yang mengelola rumah sakit di Tanjung Karang, Lampung. Adik Farid Moeloek yakni Nukman Moeloek juga diketahui merupakan guru besar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Baca Juga: Pembangunan Tol Harga Mati! Bupati Muda ini Sangat Gigih Perjuangkan Tol Menuju Kabupatennya

Selain itu juga sang istri yakni Nila Moeloek juga pernah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Kesehatan (Oktober 2014-Oktober 2019) sebelum digantikan oleh dr. Terawan.

Sehingga bisa dibilang Keluarga Moeloek ini merupakan satu keluarga dokter yang sukses.

Farid Moeloek merupakan alumni dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI), Ia lulus dari FK Kedokteran pada tahun 1970. Lalu kemudian ia memulai karir menjadi dosen di FK UI  sejak tahun 1971.

Lalu pada tahun 1976 ia melanjutkan studinya dengan mengambil spesialis kebidanan/kandungan di Fakultas Kedokteran UI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat