bdadinfo.com

Ini 5 Kota dengan Suhu Terpanas di Indonesia, Ada Dua di Pulau Sumatera! - News

Kota yang Memiliki Suhu Terpanas di Indonesia. (Tangkap layar Youtube/Top 5 Infonesia)

- Indonesia secara umum mengalami musim kemarau ketika bulan April sampai dengan Oktober. Namun perubahan iklim dapat memperngaruhin intensitas cuaca di berbagai wilayah.

Beberapa daerah dan kota di Indonesia terutama pulau-pulau besar seperti Jawa, Sumatera, dan Bali cenderung mengalami musim kemarau yang lebih panjang, suhu yang panas, dan kering.

Pada musim kemarau suhu harian di beberapa kota-kota cenderung sangat tinggi sehingga menyebabkan cuaca yang lebih panas.

Baca Juga: Punya Arti Mendalam, Inilah Deretan Pepatah Tua Minang, Bisa Menjadi Pedoman Hidup Sehari-hari

Masing-masing dua kota terpanas di Indonesia ada di Pulau Jawa dan Sumatera. Sementara satu kota lagi berada di Kalimantan.

Inilah 5 kota yang memiliki suhu dan cuaca terpanas di Indonesia saat ini, seperti dilansir dari kanal Youtube Top 5 Infonesia, Rabu, 2 Agustus 2023:

  1. Bandung, Jawa Barat

Bandung lokasinya terletak di Provinsi Jawa Barat dan dikenal sebagai kota dengan iklim yang lebih sejuk di pegunungan Jawa Barat. Namun pada musim panas suhu di daerah ini bisa menjadi tinggi.

Suhu harian rata-rata di Kota Bandung sekitar 28 sampai dengan 30 derajat celcius. Daerah ini memiliki cuaca yang cukup panas terutama di daerah perkotaan.

Baca Juga: Aksi Pak Ogah Itu Ilegal! Pemko Pekanbaru Ingatkan Ancaman Pidana 1 Tahun Jika Ngeyel

  1. Palembang, Sumatera Selatan

Palembang lokasinya terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Daerah ini memiliki iklim tropis dengan suhu yang tinggi sepanjang tahun.

Suhu rata-rata harian di Palembang berkisar pada 31 sampai dengan 33 derajat celcius. Faktor-faktor seperti iklim tropis, lokasi kota yang dekat dengan Sungai Musi.

Hingga karena adanya urbanisasi berkontribusi juga pada tingginya suhu yang ada di Kota Palembang.

Baca Juga: 7 Jalan Tol Trans Sumatera yang akan Beroperasi di Tahun 2023, Sumbar Mengejar

  1. Semarang, Jawa Tengah

Semarang lokasinya terletak pada Provinsi Jawa Tengah. Kota ini juga memiliki suhu yang tinggi sepanjang tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat