bdadinfo.com

7 Jalan Tol Trans Sumatera yang akan Beroperasi di Tahun 2023, Sumbar Mengejar - News

Proyek Jalan Tol Trans Sumatera di setiap kotanya  (hutamakarya.com)





- Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus dikebut pengerjaannya oleh pemerintah dalam upayanya mengkoneksikan seluruh kota yang ada di Pulau Sumatera.

Proyek JTTS yang secara keseluruhan memiliki panjang hingga 2.749 km, 24 ruas tol, terdiri dari koridor utama (backbone) 1.889 km dan koridor pendukung 860 km tersebut sedikit demi sedikit mulai menunjukkan progresnya.

Meski belum bisa rampung secara keseluruhan, namun terdapat beberapa ruas tol yang dapat dilalui mulai tahun ini. Berikut tujuh Jalan Tol Trans Sumatera yang akan beroperasi di tahun 2023.

Baca Juga: Sejumlah Orang Minangkabau yang Berpengaruh di Dunia: Pernah Jadi Presiden Pertama Singapura

    Tol Sigli-Banda Aceh

Beberapa ruas dari Jalan Tol Sigli-Banda Aceh direncanakan akan rampung dan dapat digunakan pada tahun 2023. Sejatinya, tol di pucuk Pulau Sumatera tersebut sejatinya telah beroperasi secara gratis sejak 2022 silam.

Tol tersebut memiliki panjang 74 km yang terbagi dalam enam seksi dan hanya tinggal satu seksi yang masih dalam proses konstruksi

    Tol Binjai-Langsa

Salah satu ruas jalan tol utama yang menghubungkan Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh tersebut diperkirakan memiliki total panjang 130 km yang terbagi dalam lima seksi.

Seksi yang diperkirakan rampung pada tahun 2023 ini adalah seksi Stabat-Tanjung Pura dan Tanjung Pura-Pangkalan Brandan.

Baca Juga: Sumpek! Inilah 3 Kecamatan Paling Ramai di Pasaman Barat Sumbar

    Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi Parapat

Salah satu ruas pendukung koridor utama yang akan menghubungkan Pelabuhan Kuala Tanjung di Kab. Batu Bara dengan kota Medan dan sekitarnya di Sumut. Sebagian ruas jalan ini telah dioperasikan secara operasional.

    Tol Tebing Tinggi-Indrapura Kisaran

Kota Tebing Tinggi, Sumut akan menjadi salah satu kota kunci dan menjadi tempat persimpangan antara ruas jalan tol utama dengan ruas jalan tol penyangga.

Baca Juga: Jalan Tol di Sumatera Ini Benar Benar Diperlakukan Istimewa Berbeda oleh Jokowi, Tahu Kenapa

Sebagian ruas tol tersebut telah selesai sepenuhnya dan dua seksi yang ada yakni Indrapura-Lima Puluh, Lima Puluh-Kisaran mencapai progres 80 persen per Juni 2023.

    Tol Bangkinang-Kota Kampar

Ruas tol penyangga yang akan menghubungkan kota Padang di Sumbar dan Pekanbaru di Riau. Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Padang sendiri memiliki enam seksi diantaranya Padang-Sicincin dan Sicincin-Pangkalan.

Sementara ruas tol yang ada di Provinsi Riau telah semakin dekat sampai di wilayah Sumbar dan telah berprogres sebanyak 75 persen. Sementara Padang-Sicincin diperkirakan rampung pada 2024 mendatang.

Baca Juga: Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Alami atau Buatan, Kunci Jawaban Tema 1 Subtema 4 Kelas 3 Halaman 155-183

    Tol Indralaya-Prabumulih

Ruas tol yang melintas di wilayah Ogan Ilir, Muara Enim, Prabumulih tersebut memiliki panjang 64,7 km telah mencapai tahap finishing  dan dioperasikan secara fungsional pada momen Hari Raya Idulfitri tahun 2023.

    Tol Kayu Agung-Palembang-Betung

Ruas Kramasan-Musilandas dan Musilandas-Betung saat ini tengah dalam proses konstruksi yang direncanakan akan selesai pengerjaannya pada Agustus tahun 2023.

Adapun Seksi Kayu Agung-Jakabaring dan Jakabaring-Keramasan telah beroperasi secara penuh lebih dahulu dibandingkan dengan ruas lainnya yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat