bdadinfo.com

Pemekaran Kabupaten Pasaman Barat, Kota Tuanku Imam Bonjol Andalkan Sektor Perkebunan Sawit - News

Pemekaran Kabupaten Pasaman Barat, Kota Tuanku Imam Bonjol Andalkan Sektor Perkebunan Sawit


- Pasaman adalah salah satu kabupaten di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Lubuk Sikaping. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.947,63 km² dan berpenduduk sebanyak 253.299 jiwa menurut sensus penduduk tahun 2010 dan sebanyak 301.444 jiwa pada tahun 2021.

Seperti wilayah Indonesia lainnya, Sumatra Barat, khususnya Pasaman pernah dikuasai oleh kolonial Belanda. Perang melawan penjajahan Belanda di Pasaman dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol.

Yang dikenal dengan Perang Paderi (1821-1830). Karena terlalu banyak permasalahan di kubu Tuanku Imam Bonjol menyebabkan dia dan pengikutnya mengalami kekalahan melawan Belanda.

Baca Juga: Diduga Terlibat Penyimpangan Lelang TKD, Ternyata Bupati Pasaman Barat ini punya Utang Lebih dari Rp1 M

Sumber pendapatan utama kabupaten Pasaman berasal dari subsektor tanaman pangan. Mesti demikian, Kabupaten Pasaman lebih dikenal karena produksi kelapa sawitnya. Pada tahun 2000, produksi kelapa sawit di kabupaten Pasaman tercatat sebanyak 788.446 ton.

Jumlah tersebut dipanen dari areal seluas 78.387 hektare. Di samping kelapa sawit, kabupaten Pasaman juga dikenal akan produksi minyak nilamnya. Minyak nilam yang dihasilkan Pasaman, selain yang dihasilkan Kepulauan Mentawai, merupakan yang terbaik di dunia.

Kata pasaman berasal dari Gunung Pasaman. Pasaman yang diambil dari bahasa Minangkabau yang berarti persamaan. Hal ini merujuk kepada masyarakat heterogen yang tinggal di kabupaten ini. Sedangkan di dalam bahasa Mandailing memiliki terdapat kata pasaman yang memiliki arti yang sama dengan bahasa Minangkabau.

Baca Juga: Pimpin Kabupaten Miskin di Sumbar: Intip Isi 'Dompet' Bupati Pasbar dan Pasaman, Mana Paling Kere?

Hasil Sensus Penduduk Tahun 2010, penduduk Kabupaten Pasaman berjumlah 253.299 jiwa. Di antara12 Kecamatan di Kabupaten Pasaman penduduk terbanyak berada di Kecamatan Lubuk Sikaping dengan jumlah penduduk 43.746 jiwa sekaligus menjadi Ibu kota Kabupaten Pasaman, maupun Pusat Pemerintahannya.

Salah satu tokoh terkenal yang lahir di Kabupaten Pasaman adalah salah satu Pahlawan Nasional Indonesia, Tuanku Imam Bonjol. Peto Syarif Tuanku Imam Bonjol lahir di Desa Tanjung Bungo di Kecamatan Bonjol. Tuanku Imam Bonjol adalah seorang pemuka agama yang berwibawa di desanya.

Selain Tuanku Imam Bonjol, perlawanan terhadap penjajah di Pasaman juga dipimpin oleh Tuanku Rao yang memimpin perlawanan di Rao.

Usulan calon kabupaten Pasaman utara ialah pemekaran dari kabupaten Pasaman Barat dan Tahukah kamu kabupaten Pasaman Barat yang nantinya akan menjadi kabupaten induk ini baru saja dimekarkan 18 tahun lalu dari kabupaten Pasaman.

Namun dikarenakan wilayah yang cukup luas dan jumlah penduduk yang sudah mencukupi untuk menjadi satu kabupaten baru ditambah dengan faktor budaya masyarakatnya penduduk dan pemerintah setempat

Menginginkan adanya pemekaran di wilayah paling utara kabupaten Pasaman Barat ini meskipun berada di wilayah Sumatera Barat secara budaya wilayah Pasaman Utara ini sangatlah beragam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat